Siapa yang Anda pikirkan ketika Anda mendengar kata-kata 'jenius bisnis'? Mungkin Steve Jobs atau Bill Gates muncul dalam pikiran. Baru-baru ini, kata-kata ini bisa membuat Anda berpikir tentang Elon Musk. Bahkan mereka yang tidak mengikuti perkembangan terakhir dalam dunia bisnis dan kewirausahaan dapat menghargai keberhasilan Gates, Musk, dan beberapa yang lain seperti yang telah mereka capai dengan usaha bisnis mereka masing-masing.
Pernah bertanya-tanya apa yang membuat para pemimpin bisnis ini begitu istimewa? Sebuah makalah penelitian baru-baru ini mengklaim telah memusatkan perhatian pada rahasia kesuksesan mereka. Terlebih lagi, mereka berpendapat bahwa itu bukan kualitas satu-dalam-satu juta yang membedakan mereka, tetapi gambar yang melihat ke masa depan sebagai lawan dari masa lalu.
Berikut rangkuman dari Entrepreneur.com mengenai tips menjadi pebisnis yang jenius:
Lebih Lanjut Tentang Studi
Makalah ini ditulis oleh Luis Martins, direktur Pusat Kelestarian Herb Kelleher di The University of Texas di Sekolah Bisnis McCombs di Austin dan ditulis bersama oleh Violina Rindova dari University of Southern California.
Para penulis berpendapat bahwa kunci untuk merumuskan strategi bisnis yang sukses di seluruh papan terletak pada pemikiran tentang masa depan daripada bermain di masa lalu lagi dan lagi. Mereka juga mengklaim bahwa pemikiran semacam ini dapat diajarkan, dan mereka meminta akademisi bisnis lain untuk menguji dan memvalidasi teori dan metode mereka.
Pentingnya Imajinasi yang Fokus Masa Depan
Martins memainkan peran imajinasi berpikir ke depan dalam membuat bisnis Anda sukses, mengutip contoh-contoh kisah sukses bisnis terkenal.
“Jika Whole Foods merupakan replikasi dari masa lalu, itu akan menjadi toko makanan kesehatan yang lebih kecil. Diperlukan citra masa depan yang berbeda untuk menggabungkan pasar petani organik dengan toko kelontong besar, dan fokus yang kuat pada kapitalisme sadar. Itulah jenis hal yang mengubah cetakan dalam industri tertentu dan muncul dengan ruang baru. Anda tidak bisa mendapatkan Cirque du Soleil hanya dengan mencoba membuat sirkus lagi,” katanya dalam siaran pers resmi.
Martins mengatakan pemikiran desain—proses menggunakan desain untuk menciptakan penawaran baru dan meningkatkan pengalaman pengguna—juga memiliki kapasitas untuk merevolusi bisnis. Mengutip contoh raksasa teknologi Apple dan perhatian yang diberikannya pada desain penawarannya.
Mengubah Kurikulum
Mungkinkah mentalitas semacam ini ditanamkan dalam pikiran para profesional bisnis muda ketika mereka berada di kelas? Martins tampaknya percaya demikian. Menurutnya, imajinasi strategis dapat dipelajari dengan mengeksplorasi teknik pemikiran antisipatif, penalaran analogis dan pemikiran desain. Berpikir tentang bagaimana model bisnis yang mapan dapat digunakan di ruang pasar baru adalah rute lain yang mungkin menuju kesuksesan, menurutnya.
Dia mempraktikkan apa yang dia ajarkan di kelasnya sendiri di universitas, di mana siswa mengikuti tren teknologi, ekonomi dan sosial yang mungkin datang bersama di masa depan dan bertukar pikiran tentang barang-barang baru yang dapat mengarah ke pasar yang sepenuhnya baru.
Apa yang ada di masa depan?
Martins percaya pentingnya perencanaan masa depan akan menjadi jelas pada waktunya.
"Saya pikir kami kehabisan landasan untuk berpikir pasar massal dan hanya berpikir dengan harga rendah," katanya, "jadi, semakin, karena pasar terpecah dan karena orang menginginkan sesuatu yang lebih dari sekedar biaya rendah, saya pikir imajinasi strategis akan menjadi aspek yang semakin penting dari pekerjaan ahli strategi."
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Penulis: Clara Aprilia Sukandar
Editor: Clara Aprilia Sukandar
Tag Terkait: