Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
Indeks
About Us
Social Media

GoMacro: Camilan Sehat, Banyak Pelanggan Berminat

GoMacro: Camilan Sehat, Banyak Pelanggan Berminat Kredit Foto: Unsplash/Daniel Fazio
Warta Ekonomi, Jakarta -

GoMacro, ide perusahaan protein dan snack bar yang didirikan Jola Sonkin dan Ibunya 14 tahun lalu ini berawal dari penyakit kanker yang diderita sang ibu. Setelah kabar mengenai kanker yang diderita Amelia Kirchoff—Ibunda Sonkin diketahui keluarganya, mereka mengubah pola makan dan jenis makanan yang disantap, termasuk santapan cemilan ringan.

Sonkin sempat pesimis ketika ingin mendirikan GoMacro, karena ia sama sekali tidak ada latar belakang pengusaha. Ia hanya seorang guru bahasa Latin di sekolah umum.

"Menjadi guru sekolah, saya tidak tahu apa-apa tentang industri makanan alami, dan setiap hari saya berurusan dengan situasi dan permintaan di mana saya tidak tahu apa yang harus dilakukan," katanya, "daripada berpura-pura bahwa saya melakukannya, saya jujur, ??dan saya akan mengajukan banyak pertanyaan. Saya tidak takut untuk meminta bantuan dari orang yang saya coba jual, dan sebagai hasilnya saya membangun hubungan yang luar biasa."

Saat ini, GoMacro dapat ditemukan di lebih dari 20.000 toko di AS, termasuk CVS, Kroger, Sprouts, Trader Joe's dan Whole Foods. Perusahaan itu mengatakan telah tumbuh lebih dari 500 persen dari 2014 hingga 2017 dan pangsa pasarnya di saluran bahan makanan alami sekitar 7 persen. Sampai-sampai merek ini dianggap sebagai pemimpin dalam kategori snack bar lainnya.

Sebelum sukses sampai saat ini, Sonkin dan Kirchoff memulai bisnisnya berawal dari pengalaman. Awalnya mereka hanya berniat menciptakan solusi untuk masalah penyakit yang diderita sang Ibu.

"Apa yang ibuku dan aku lakukan adalah menarik dari pengalaman kami untuk menciptakan solusi untuk masalah," kata Sonkin, "itu selalu merupakan kesempatan untuk mengubah situasi yang menantang menjadi sesuatu yang positif, dan dengan melakukan ini Anda secara alami tetap setia pada misi Anda dan terhubung dengan konsumen dan merasa terinspirasi setiap hari."

Misi asli pasangan ini adalah untuk menyembuhkan penyakit kanker melalui makanan. Kirchoff menemukan pentingnya makronutrien, yang meliputi karbohidrat, protein dan lemak, setelah ia didiagnosis dengan kanker payudara pada tahun 2003, kata Sonkin.

Setelah mengubah pola makannya, kesehatan Kirchoff meningkat. Dia ingin mulai makan camilan lagi, tetapi tidak menemukan jenis camilan apa pun di pasar yang sesuai dengan pola makannya, jadi dia mulai membuat kue sendiri. Tidak disangka, kue yang mereka buat menjadi sangat populer sehingga Sonkin mulai menjualnya.

Dia ingat betul rasa takut yang dia alami ketika melakukan penjualan pertamanya ke toko makanan kesehatan setempat.

"Aku berdiri sejajar dengan semua orang yang membawa bahan makanan mereka," kata Sonkin, "saya sangat gugup dan benar-benar gemetar, dan saya hanya pergi ke depan dan memberi tahu kasir seluruh cerita tentang ibu saya. Dan saya hanya ingat dia menatap saya dan berkata, 'Saya hanya kasir'."

Memang sudah jalannya untuk Sonkin memiliki brand camilan terkenal, GoMacro. Sesaat setelah bertemu dengan kasir, Sonkin bertemu dengan pembeli toko, ia mengatur GoMacro di jalan menuju sukses. Akhirnya ia memutuskan untuk berhenti dari pekerjaannya menjadi guru setahun setelah peluncuran GoMacro.

"Itu tidak masuk akal bagi saya untuk memasuki industri di mana saya tidak tahu apa aturannya," katanya, "jika saya tahu semua aturan saya akan diintimidasi dan saya tidak akan pernah mengambil lompatan untuk masuk ke toko pertama itu dan melakukan penjualan."

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Clara Aprilia Sukandar
Editor: Clara Aprilia Sukandar

Tag Terkait:

Bagikan Artikel: