Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
Indeks
About Us
Social Media

Marak Penipuan, Telkomsel Minta Pelanggan Selalu Waspada

Marak Penipuan, Telkomsel Minta Pelanggan Selalu Waspada Vice President Digital Experience & Business Insight Telkomsel Tuty R Afriza menyampaikan paparan mengenai wapada penipuan yang mengatasnamakan Telkomsel di Jakarta, (6/11). Telkomsel mengimbau pelanggan tidak menginformasikan password/kode verifikasi ke siapapun, jika terjadi penipuan, pelanggan dapat menghubungi layanan call center 24 jam dengan menghubungi 188 atau mengirimkan SMS pengaduan yang dikirimkan ke 1166. | Kredit Foto: Telkomsel
Warta Ekonomi, Jakarta -

Telkomsel mengimbau para pelanggan waspada dan berhati-hati terhadap segala bentuk penipuan yang mengatasnamakan Telkomsel, baik melalui telepon seluler atau SMS. Berbagai macam modus penipuan yang sering muncul, seperti meminta informasi kode verifikasi atau One-Time Password (OTP) di aplikasi MyTelkomsel yang dikirimkan melalui SMS.

GM External Corporate Communications Telkomsel, Denny Abidin mengatakan, Telkomsel serius menangani maraknya penipuan kepada pelanggannya. Pihaknya mengimbau seluruh pelanggan untuk selalu waspada terhadap beragam bentuk penipuan. Telkomsel tidak pernah meminta data diri, password atau kode verifikasi kepada pelanggan untuk alasan apapun. Kerahasiaan data diri, password, atau kode tersebut harus selalu dijaga seperti pin ATM atau bank.

"Apabila pelanggan merasa tidak melakukan aktivitas yang disebutkan dalam SMS, pelanggan tidak perlu menanggapi SMS tersebut dan tidak menginformasikan kode verifikasi tersebut apabila diminta oleh pihak tidak dikenal. Dengan memberikan password atau kode verifikasi kepada orang lain, sama saja dengan memberikan akses kepada orang lain untuk melakukan transaksi apapun melalui aplikasi MyTelkomsel," ujar Denny dalam keterangannya, Selasa (6/11/2018).

Selain meminta password atau kode verifikasi aplikasi MyTelkomsel, selanjutnya modus penipuan akan meminta pelanggan untuk memberikan kode verifikasi atas pembelian layanan Telkomsel yang terkirim melalui SMS.

Pelanggan yang merasa tidak melakukan login aplikasi MyTelkomsel di beberapa perangkat, dapat melakukan logout otomatis dengan menghubungi *323*20#. Pelanggan akan mendapatkan notifikasi melalui SMS dan secara otomatis keluar dari semua akses aplikasi MyTelkomsel.

Denny menambahkan, dalam menyampaikan segala informasi untuk pelanggan, baik mengenai program, layanan, produk, atau pun promosi berhadiah, Telkomsel selalu menggunakan mekanisme pemberitahuan resmi, seperti melalui surat, pemberitaan di media massa nasional, informasi di GraPARI terdekat atau di Call Center Telkomsel, serta situs resmi perusahaan di www.telkomsel.com.

Jika terjadi penipuan, pelanggan dapat menghubungi layanan call center 24 jam dengan menghubungi 188, mengirimkan SMS pengaduan ke 1166 secara gratis dengan format PENIPUAN#NOMOR MSISDN PENIPU#ISI SMS PENIPUAN, menghubungi melalui chatting dengan asisten virtual di Line, Telegram, dan Facebook Messenger Telkomsel, email [email protected], atau melalui Facebook Telkomsel dan Twitter @telkomsel.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Rosmayanti
Editor: Rosmayanti

Bagikan Artikel: