Punya Ide Bisnis Baru yang 'Wow'? Ini yang Harus Anda Lakukan Selanjutnya
Apakah Anda terus-menerus memiliki ide bisnis hebat yang jatuh ke pinggir jalan karena Anda tidak tahu bagaimana mengubah lamunan itu menjadi kenyataan? Jika Anda terjebak dalam tahap brainstorming, itu mungkin karena Anda tidak tahu apa yang harus dilakukan selanjutnya.
Sekitar 550.000 orang, menurut indeks startup Kauffman, menjadi pengusaha setiap bulan dan Anda bisa menjadi salah satu dari mereka. Meskipun tidak ada jaminan formula untuk memulai bisnis yang sukses, ada langkah-langkah yang harus diambil dalam fase perencanaan yang tidak hanya akan membantu Anda menentukan apakah ide bisnis Anda memiliki apa yang dibutuhkan tetapi juga membantu Anda mendapatkan peluang yang diberikan.
Tentukan "mengapa" dan "siapa.”
Langkah pertama yang harus diambil setelah Anda menemukan ide bisnis baru adalah berkonsentrasi pada "mengapa" dan "siapa" itu. Anda mungkin berpikir Anda telah memikirkan ide yang luar biasa, tetapi bisnis Anda tidak akan berhasil jika Anda tidak tahu alasan sebenarnya di balik mengapa itu adalah solusi yang baik, dan siapa yang akan menjadi solusi yang baik.
Mulailah untuk benar-benar memikirkan masalah apa yang dipecahkan ide bisnis Anda. Bisnis Anda mungkin memecahkan masalah bagi Anda, tetapi apakah itu memecahkan masalah bagi orang lain? Jika tidak ada orang lain yang memiliki masalah bahwa bisnis Anda mengusulkan solusi, lalu siapa yang akan membeli solusi itu?
Cari solusi serupa
Tidak ada ide bisnis yang 100 persen unik; akan selalu ada bisnis di dunia yang mirip dengan Anda. Jadi, jangan khawatir jika ada perusahaan yang melakukan apa yang Anda lakukan; sebenarnya, itu membuktikan ada pasar untuk apa yang Anda lakukan. Apa yang harus Anda pikirkan adalah siapa pesaing Anda, apa sebenarnya yang mereka sediakan dan apa yang akan Anda lakukan secara berbeda atau lebih baik daripada yang mereka lakukan.
Untuk berdiri keluar dari kompetisi, Anda harus tahu apa yang membuat Anda berbeda. Mulailah melakukan penelitian tentang perusahaan yang bisa menjadi pesaing Anda. Lihatlah berapa banyak yang mereka tetapkan, siapa target pemirsa mereka dan bagaimana mereka memasarkannya.
Bicaralah dengan pelanggan potensial Anda
Mirip dengan upaya Anda untuk mempelajari persaingan potensial Anda harus menjadi upaya Anda untuk mempelajari pelanggan potensial. Dapatkan di luar sana dan mulai berbicara dengan audiens target Anda. Lihat apakah produk atau layanan Anda adalah sesuatu yang akan mereka gunakan, cari tahu berapa banyak mereka akan membayarnya dan tanyakan produk atau bisnis apa yang mereka pakai sekarang untuk memecahkan masalah.
Mengunci detail bisnis Anda
Muncul dengan ide bisnis baru yang mengasyikkan; pikiran Anda mungkin berdengung dengan banyak rencana dan desain - mungkin terlalu banyak. Jadi, duduklah dan kunci rincian yang lebih halus dari bisnis Anda. Apakah Anda akan menawarkan produk atau layanan? Berapa biayanya? Bagaimana Anda akan memasarkan bisnis Anda? Anda perlu mengetahui konsep bisnis baru Anda di dalam dan di luar sebelum Anda meluncurkan.
Tentukan "bagaimana."
Setelah Anda menyelesaikan semua detail bisnis masa depan Anda, langkah selanjutnya adalah mencari tahu bagaimana mengubah impian Anda menjadi kenyataan. Tentunya memulai bisnis membutuhkan biaya yang cukup besar, jadi itulah salah satu faktor utama "bagaimana" yang perlu Anda pertimbangkan. Putuskan apakah Anda akan berbicara dengan investor, mengambil pinjaman, atau bahkan memulai kampanye.
Tentukan semua yang Anda perlukan untuk memulai dan menjalankan bisnis Anda. Misalnya, jika Anda menawarkan produk, bagaimana Anda akan membangunnya dan berapa banyak uang yang diperlukan? Langkah terakhir ini adalah salah satu yang paling penting untuk membawa bisnis Anda keluar dari kepala Anda dan ke dunia nyata.
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Penulis: Clara Aprilia Sukandar
Editor: Clara Aprilia Sukandar
Tag Terkait: