Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
Indeks
About Us
Social Media

Teknologi Oyo Bantu Pengusaha Hotel Lokal Tingkatkan Okupansi Hingga 90%

Teknologi Oyo Bantu Pengusaha Hotel Lokal Tingkatkan Okupansi Hingga 90% Kredit Foto: Unsplash/Marten Bjork
Warta Ekonomi, Jakarta -

Teknologi menjadi DNA bagi Oyo Hotel untuk membantu mitra hotel mereka mengelola operasional bisnis melalui solusi bersifat end to end. Melalui adopsi teknologi yang dibangun sendiri oleh Oyo Hotel, perusahaan ini mampu membantu para mitranya meningkatkan okupansi kamar hingga 90%.

Tak hanya membantu meningkatkan okupansi kamar, teknologi Oyo Hotel juga membantu pemilik hotel dalam kegiatan operasional sehari-hari. Dengan teknologi, masalah antrean check-in atau check-out ketika peak season bisa dikurangi, sehingga meningkatkan kepuasan tamu.

Selain itu, teknologi ini bisa mengatasi masalah sehari-hari dalam operasional hotel. Misalnya, ketika tamu ingin meminta layanan tertentu, biasanya hanya ada satu atau dua petugas hotel yang mengetahuinya dan akan diteruskan ke bagian terkait. Dengan teknologi, manajer, pengelola hotel, maupun staf hotel juga bisa mengetahui sedari awal permintaan tamu melalui satu platform dan menghindari terjadinya miscommunication.

Adanya layanan yang terintegrasi dengan dukungan teknologi juga akan membantu mitra hotel untuk bersaing di industri hospitality di Indonesia. Pasalnya, pada 2017 lalu Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia mencatat ada 290 ribu kamar dari 230 hotel berbintang di Indonesia. Dengan banyaknya pemain di industri ini, pengelola hotel harus mampu menyajikan sesuatu yang berbeda agar tingkat okupansi kamar tetap tinggi, salah satunya dengan memanfaatkan teknologi.

"Sejak beroperasi di Indonesia, kami telah bermitra dengan lebih dari 65 hotel dan tingkat okupansi yang mencapai 75%. Aplikasi kami telah membantu 22 ribu proses check-in dan memuaskan 68% tamu. Kami juga melihat waktu penyelesaian staf hotel telah berkurang hampir 25% ketika menyelesaikan tugasnya seperti membersihkan ruangan hingga layanan kamar," ujar Country Lead Oyo Hotel Indonesia, Rishabh Gupta.

Setiap mitra Oyo Hotel mendapatkan akses untuk menggunakan teknologi canggih tersebut, sehingga pengelola maupun manajer hotel bisa mendapatkan kendali penuh dalam operasional sehari-hari, selain juga membantu mengurangi biaya, efisiensi staf, dan menghemat waktu.

"Sejak hari pertama, kami banyak berinvestasi dalam membangun kapabilitas mendalam dan teknologi yang terdiri lebih dari 20 aplikasi yang kami kembangkan sendiri. Kami telah berinvestasi pada sumber daya teknologi dan saat ini memiliki lebih dari 700 engineer secara global," tambah Rishabh.

Pada dasarnya, ada lima teknologi utama yang ditawarkan Oyo Hotel untuk membantu para mitranya dalam menjalankan bisnis perhotelan, di antaranya yaitu Oyo OS, Sistem Manajemen Properti, Owner App, Krypton App, dan Identifikasi Pola.

"Sebagai perusahaan jaringan hotel berbasis teknologi, kami memiliki tujuan untuk membantu mitra hotel mereka meningkatkan okupansi kamar dan memberdayakan banyak orang melalui lapangan pekerjaan baru. Teknologi juga menjadi landasan utama bagi kami untuk memberikan jaminan kualitas terbaik kepada tamu," tutup Rishabh.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Ning Rahayu
Editor: Rosmayanti

Tag Terkait:

Bagikan Artikel: