PT XL Axiata Tbk (EXCL) menyatakan bahwa saat ini perseroan memiliki total 54,9 juta pelanggan, di mana 43,9 juta atau 80% di antaranya adalah yang sudah menggunakan smartphone. Jumlah tersebut hampir setara dengan jumlah penduduk di Jawa barat yang mencapai 46,71 juta.
'Jumlah pengguna smartphone ini meningkat 15% dari periode yang sama di tahun lalu. Pelanggan XL Axiata yang aktif menggunakan layanan data saat ini juga telah mencapai 82% dari total pelanggan," Presiden Direktur XL Axiata, Dian Siswarini, dalam keterangan resminya, di Jakarta, Jumat (15/2/2019).
Baca Juga: Layanan Ini Buat XL Tumbuh Di Atas Rata-rata Industri
Menurutnya, total lalu lintas di seluruh jaringan XL Axiata telah mengalami peningkatan 76% YoY di 2018 dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya terutama didorong oleh pertumbuhan lalu lintas data yang meningkat dibandingkan dengan penurunan lalu lintas dari layanan legacy (SMS dan percakapan).
Untuk itu, perseroan pun akan terus berinvestasi untuk memperluas kapasitas jaringan dan meningkatkan kualitas layanan datanya. Hal ini diwujudkan dengan terus membangun jaringan 4G LTE yang saat ini difokuskan di wilayah luar Jawa.
Ia mengatakan jika hingga akhir tahun 2018, jaringan 4G Axiata telah melayani sekitar 400 kota atau kabupaten dengan hampir 30 ribu BTS 4G. Sementara, untuk jaringan 3G ditopang lebih dari 51 ribu BTS. Jumlah total BTS milik XL Axiata saat ini mencapai 118 ribu BTS.
"Peningkatan investasi jaringan, terutama 4G LTE di luar Jawa sepanjang 2018 tersebut telah menghasilkan pertumbuhan pada trafik dan pendapatan data yang sangat kuat. Alhasil, tahun ini wilayah luar Jawa menjadi kontributor utama lain bagi kinerja kuat kami. Pada sisi lain, keberadaan jaringan yang luas di luar Jawa ini juga ikut meningkatkan persepsi masyarakat atas kemampuan XL Axiata dalam melayani kebutuhan data di seluruh negeri," katanya.
Baca Juga: Rugi Hingga Rp3 T, Bos XL Curhat Begini
Dia juga menuturkan bila, seiring dengan perluasan jaringan, XL Axiata juga telah meningkatkan kualitas jaringan dengan menerapkan beberapa teknologi inovatif di sepanjang 2018. Sebagai pemimpin dalam inovasi data, XL Axiata tahun ini juga melakukan uji coba teknologi 5G dan WiGig pertama di Kota Tua, Jakarta.
Seiring dengan semakin kuatnya jaringan dan penawaran layanan data yang menarik, tercatat penetrasi smartphone XL Axiata telah meningkat 8 poin menjadi 80% pada akhir 2018 dibandingkan dengan tahun lalu.
"Salah satu pendorong yang berperan besar pada peningkatan pelanggan ponsel cerdas ini adalah program bundling 'XL Xtream' yang memberikan benefit berupa harga terjangkau serta akses YouTube. Daya tarik yang kuat dari program ini mampu mendorong migrasi lebih cepat pada pelanggan 2G ke 4G," tandasnya.
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Penulis: Annisa Nurfitri
Editor: Annisa Nurfitri
Tag Terkait: