Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
Indeks
About Us
Social Media

Pacu Ekonomi Kreatif, Chairul Tanjung Berkiblat ke Korea

Pacu Ekonomi Kreatif, Chairul Tanjung Berkiblat ke Korea Kredit Foto: Boyke P. Siregar
Warta Ekonomi, Jakarta -

Perusahaan hiburan terbesar asal Korea Selatan, SM Entertainment dan PT Trans Media Corpora (Trans Media) menandatangani pokok perjanjian kerja sama (heads of agreement) yang menandai dimulainya kerja sama strategis di empat bidang usaha, yakni manajemen talenta, produksi konten, digital, dan gaya hiburan.

Penandatanganan dilakukan oleh CEO Trans Media, Atiek Nur Wahyuni dengan CEO SM Entertainment Han Se Min, yang disaksikan langsung oleh Chairman CT Corp, Chairul Tanjung dan Chairman SM Entertainmet Lee Soo Man di Jakarta, Kamis (21/2/2019).

Melalui kesepakatan itu, kedua belah pihak akan bekerja sama mengembangkan talenta lokal dan konten berkualitas internasional, yang pada akhirnya akan mendorong terjadinya revolusi industri hiburan Tanah Air.

"Joint venture ini melalui sebuah proses yang panjang, sehingga akhirnya bisa ditandatangani. Tentu kami berharap joint venture ini bisa memberikan manfaat yang baik untuk kedua negara, khususnya di bidang kreativitas ekonomi. Ekonomi kreatif saat ini sedang pemerintah kedepankan untuk menjadi salah satu pilar daripada ekonomi," kata CT sapaan akrabnya.

Baca Juga: Ingin Ciptakan I-Pop, Trans Media Jalin Kerja Sama dengan SM Entertainment

Baca Juga: Gandeng SM Entertaintment, Trans Media Harapkan Dampak Baik untuk Indonesia

CT mengatakan, sebagai pelopor Korean Wave, SM akan membagi pengalaman dalam implementasi cultural technology, terutama dalam proses seleksi peran, pelatihan, produksi, marketing, dan manajemen talenta.

Di sisi lain, Trans Media memiliki pengalaman dan keahlian dalam pengembangan wahana hiburan Tanah Air, basis audiens yang besar, dan akses distribusi ritel dari CT Corp. Kombinasi yang unik ini diyakini akan mampu memenuhi kebutuhan hiburan bagi generasi milenial Indonesia.

"Kerja sama ini membuka peluang artis-artis Korea berekspresi atau melakukan karya di Indonesia, sebaliknya juga dapat mengangkat artis-artis Indonesia di mata dunia. Korea berhasil membuat ekonomi kreatif sebagai salah satu kemajuan ekonomi negaranya. Kami berharap Indonesia dapat mengikuti jejak Korea menjadikan ekonomi kreatif sebagai pilar penting bagi kemajuan negara," tambahnya.

Sementara itu, Chairman SM Entertainmet Lee Soo Man menambahkan, tujuan dari kerja sama ini untuk mengembangkan talenta penduduk Indonesia di bidang hiburan.

"Kami akan membuat program training supaya menjadi salah satu program yang akan bisa membuat talenta menjadi bintang ternama seperti ikon Korea Super Junior," ujar Lee Soo Man.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Boyke P. Siregar
Editor: Rosmayanti

Bagikan Artikel: