Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
Indeks
About Us
Social Media

Bukan, Bukan dengan Media Sosial, Lewat Cara Ini Merek Bisnis Juga Bisa Eksis

Bukan, Bukan dengan Media Sosial, Lewat Cara Ini Merek Bisnis Juga Bisa Eksis man drawing on dry-erase board. | Kredit Foto: Unsplash/Kaleidico
Warta Ekonomi, Jakarta -

Ketika datang untuk membangun merek dan memasarkan bisnis, media sosial adalah alat yang ampuh yang harus dimanfaatkan semua bisnis. Tapi, jangan salah, media sosial bukanlah satu-satunya taktik bisnis yang bisa digunakan.

Bahkan, media sosial mungkin bukan taktik membangun merek yang paling efektif buat bisnis kamu, sebenarnya semua pemasaran itu tergantung pada jenis bisnis yang kamu jalankan, industri apa, target pasarnya siapa, dan sebagainya.

Baca Juga: Ah, Influencer untuk Bisnis Restoran Enggak Melulu Menjanjikan, Ini Buktinya!

Jadi, selain pemasaran media sosial, mungkin kamu bisa mengambil opsi berikut ini untuk strategi pengembangan merek yang efektif:

Benar-benar tahu target audiensmu

Meskipun mengetahui target audiens kamu dengan baik, itu bukan berarti merek kamu bakalan terbangun dengan sendirinya. Namun, apabila mengetahui target audiensmu, itu dapat membantu kamu memasarkan lebih efektif dan mendapatkan pengembalian investasi yang lebih baik dalam iklan dan strategi lainnya.

Bangun blog

Blogging membantu membangun merekmu, bukan hanya mudah dan gratis, melainkan ketika dilakukan dengan benar, blog bisa sangat kuat dan mempengaruhi bisnismu.

Baca Juga: 5 Keuntungan Komunitas Pemasaran di Era Digital, Ternyata Masih Relevan

Kamu bisa menggunakan blog untuk melakukan segalanya, mulai dari memberi tahu pelanggan tentang promosi yang akan datang atau yang sedang berlangsung dan mendidik pelanggan tentang cara menggunakan produkmu, hingga meningkatkan SEO dan, tentu saja, membangun merek dan personamu dengan suara dan nilai unik bisnis kamusendiri.

Fokus pada layanan pelanggan

Pelanggan adalah mereka yang membuat bisnis sukses. Tanpa mereka, enggak ada bisnis yang akan berhasil melewati beberapa tahap pertama pengembangan. Walaupun produk-produk berkualitas, pemasaran yang efektif, kehadiran aktif yang baik dan "suara" konten yang menyenangkan adalah semua aspek penting dari sebuah merek, layanan pelanggan juga memainkan peranan.

Baca Juga: 5 Tren Media Sosial yang Perlu Diperhatikan di 2019

Jadikan merekmu mengesankan secara visual

Banyak orang berpikir tentang logo dan slogan ketika mereka berpikir tentang branding, sehingga visual bisa menjadi penting. Logo bisnismu, termasuk warna dan jenis huruf yang kamu pilih, semua berdampak pada bagaimana merekmu dilihat dan bagaimana mereka akan dikenali.

Melansir dari Entrepreneur.com (26/2/2019), hanya perlu 10 detik bagi pelanggan untuk membentuk kesan pertama dari logo suatu merek, jadi penting untuk melakukan semua yang kamu bisa untuk membuat merekmu mengesankan secara visual.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Clara Aprilia Sukandar
Editor: Clara Aprilia Sukandar

Tag Terkait:

Bagikan Artikel: