Ketika bisnis tidak berjalan dengan baik dalam waktu yang lama, mematikannya adalah pilihan yang memungkinkan bagi pengusaha. Pada saat menjual usaha, pengusaha perlu menekankan pada penilaian nilai bisnisnya juga.
Pengusaha tidak dapat menjual bisnis dengan harga yang lebih rendah daripada harga yang dinilai. Memang, negosiasi sangat penting dalam proses penjualan usaha untuk pengusaha.
Baca Juga: 4 Kebiasaan yang Sebabkan Jutawan Bangkrut
Sebelum memberikan harga bisnis, kamu harus menentukan beberapa tahapan ini dulu, ya:
Menilai harga yang tepat
Penjualan perusahaan bisnis mirip dengan perdagangan barang dan jasa yang dilakukan perusahaan secara teratur. Namun demikian, ada perbedaan dalam dua hal, yaitu penjualan bisnis adalah kesepakatan satu kali, bodoh, dan sangat penting bagi wirausahawan, sementara perdagangan reguler kurang signifikan dari sudut pandang bisnis.
Akibatnya, inspeksi menyeluruh harus dilakukan saat menentukan harga bisnis atau yang lain, pengusaha mungkin mendapatkan harga yang lebih rendah untuk kerja keras yang dilakukan dalam membangun entitas.
Pertimbangkan modal yang diinvestasikan, aset tetap, dan itikad baik bisnis dan harga perusahaan yang sesuai. Lebih lanjut, simpan laporan terbaru tentang pengurangan pajak dan hasil keuangan sehingga dapat dirilis bahwa bisnis itu secara keuangan sehat dan fungsional.
Baca Juga: Hindari Perusahaan Anda dari Pailit dan Bangkrut dengan 4 Strategi Ini
Tunjukkan transparansi kepada pembeli
Ketika pembeli mengunjungi perusahaan untuk memastikan kesehatan entitas, pasti ada banyak sekali pertanyaan yang mereka bahas. Menjawab pertanyaan-pertanyaan itu satu per satu memakan waktu dan tidak dianggap sebagai cara yang kredibel.
Pengusaha sebaiknya berbagi laporan keuangan lengkap kepada mereka. Ini akan meningkatkan kredibilitas pihak pemilik bisnis dan membangkitkan minat pembeli dalam transaksi.
Untuk meningkatkan transparansi, pemilik bisnis harus menambahkan laporan rekening dan kertas pembayaran pajak yang dicairkan selama tiga tahun terakhir.
Baca Juga: SpaceX Lakukan PHK, Bangkrutkah?
Bekerja pada penjualan dan promosi
Membuat gambaran bisnis yang lebih baik sangat penting dan ini bisa dilakukan dengan meningkatkan penjualan maupun promosi.
Pada dasarnya, pembeli mencari minat untuk mengakuisisi bisnis ketika melonjak lebih tinggi; pembeli tidak menunjukkan minat dalam pengadaan bisnis yang gagal dan lebih lanjut, pemilik bisnis tidak menerima uang baik untuk usaha yang gagal.
Dengan demikian, bekerja untuk meningkatkan penjualan dan memperluas basis pelanggan. Dengan melakukan ini, faktor negatif bisnis akan diabaikan dan pembeli fokus pada profitabilitas serta pelanggan.
Patuhi strategi ini untuk membangun citra bisnis yang kuat dan memikat. Citra positif bisnis akan membantu meningkatkan harga bisnis secara bawaan.
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Penulis: Clara Aprilia Sukandar
Editor: Clara Aprilia Sukandar
Tag Terkait: