Komunitas Bukalapak kembali menggelar Ranger Camp Nusantara ke-4 di kawasan Sentul, Jawa Barat. Acara ini diperuntukkan bagi para ranger atau Koordinator Lapangan Bukalapak di daerah yang merupakan bentuk apresiasi terhadap kontribusi ranger sekaligus sarana pengembangan kapabilitas mereka sebagai pengusaha. Acara ini berlangsung pada 15-17 Maret 2019 yang dihadiri oleh 100 ranger dari seluruh Indonesia.
Muhammad Fikri, Head of Community Management Bukalapak, mengatakan, "Ranger-ranger Komunitas Bukalapak di berbagai daerah ini merupakan perpanjangan tangan kami dalam mendorong pertumbuhan pelapak di berbagai daerah. Walaupun di tengah kesibukan mereka berwirausaha, namun dedikasi mereka untuk turut memajukan pelapak di daerahnya, baik mendorong untuk go online maupun berbagi bagaimana mengelola bisnis, sangat patut diapresiasi. Untuk itu, Ranger Camp ini diadakan."
Ranger Camp mencakup pengembangan kapasitas diri sebagai pemimpin, pengembangan ide bisnis, pengembangan kolaborasi dalam komunitas, serta mendorong pembentukan opinion leader baru sehingga ke depannya, Komunitas-komunitas Bukalapak di seluruh Indonesia menjadi semakin kompak dan loyal karena dipimpin oleh ranger-ranger dengan kredibilitas terbaik.
Baca Juga: Bukalapak Akui Ada Peretasan, Data Pengguna Bocor?
Ranger Camp berhasil mencetak opinion leader baru seperti Edy Suryo (29), pelapak di Blitar yang dulu bekerja di car wash selama tiga tahun. Setelah bergabung ke Komunitas Bukalapak dan menjadi ranger, kini Edy Suryo berhasil menjadi pengusaha sukses dengan omzet per bulan mencapai lebih dari Rp75 juta. Tidak hanya itu, Edy juga semakin aktif berkontribusi di berbagai kegiatan seperti seminar tentang bisnis online, dan juga memberikan inspirasi bagi usaha-usaha kecil di sekitarnya untuk turut berkembang.
Pada 2016 lalu, Komunitas Bukalapak hanya hadir di lima kota. Tahun ini Komunitas Bukalapak tersebar di 142 kota atau kabupaten di seluruh Indonesia dengan jumlah anggota mencapai lebih dari 30 ribu. Kegiatan komunitas ini juga semakin bertambah hingga saat ini dengan semangat dan keaktifan para ranger di akhir 2018 mencapai lebih dari 1.000 kegiatan di seluruh Indonesia, seperti, Kopdar, Belajar Ngelapak Bersama Komunitas (BNBK), program kemitraan, dan workshop. Bukalapak berharap komunitasnya dapat memberikan dampak positif bagi kemajuan masyarakat sekitar.
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Penulis: Ning Rahayu
Editor: Rosmayanti
Tag Terkait: