Di era teknologi digital seperti saat ini, proses penghimpunan dana zakat, infak, dan sedekah menjadi semakin optimal dan mudah. Sebagaimana Lembaga Amil Zakat (LAZ) yang dapat menjangkau prospek donatur yang luas, membuka banyak kanal donasi di berbagai platform, dan memberikan kemudahan transaksi berbasis digital.
Terlebih dengan hadirnya berbagai e-commerce di Indonesia yang menjadi peluang kolaborasi bagi LAZ untuk berbagai aktivitas pengelolaan zakat, seperti program penghimpunan dan optimasi program pemberdayaan masyarakat.
Peluang kolaborasi inilah yang diinisiasi Forum Organisasi Zakat (FOZ) untuk memberikan benefit kepada LAZ yang menjadi anggotanya.
Baca Juga: Jalur Sudah Tersedia, Bukalapak IPO Tahun Ini Enggak Ya?
Dengan menggandeng Bukalapak sebagai salah satu e-commerce unicorn Indonesia, kolaborasi dikemas dalam Program Kemitraan Pemberdayaan Ekonomi Umat, di mana pada kolaborasi ini, anggota FOZ akan mendapatkan banyak benefit.
Menurut Ketua Umum FOZ, Bambang Suherman, kolaborasi dengan Bukalapak ini diharapkan dapat membuat kanal donasi dan penghimpunan LAZ menjadi lebih optimal.
Selain itu, peluang mendapatkan digital capacity building dari Bukalapak untuk para amil zakat, serta pelatihan kewirausahaan dan digital marketing untuk para penerima manfaat lebih terbuka lebar.
Kolaborasi ini juga akan membuka kanal pemasaran digital bagi produk hasil pemberdayaan LAZ. Hal ini tentu akan mempertemukan produk-produk hasil pemberdayaan LAZ dengan para pembeli melalui Bukalapak. Inisiatif, kolaboratif, dan kreatif lainnya ke depan akan terus dilakukan oleh FOZ bersama Bukalapak.
Sebagai informasi, FOZ adalah asosiasi organisasi pengelola zakat yang menaungi 121 LAZ, mulai dari tingkat nasional sampai kabupaten dan kota.
Baca Juga: BukaZakat: Sisihkan Uang untuk Sedekah
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Penulis: Ning Rahayu
Editor: Rosmayanti