Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
Indeks
About Us
Social Media

Allianz Gandeng Fintech untuk Tingkatkan Penetrasi Asuransi

Allianz Gandeng Fintech untuk Tingkatkan Penetrasi Asuransi Seminar dengan topik Digital Opportunities to Enhance the Financial Services. | Kredit Foto: Allianz Utama Indonesia
Warta Ekonomi, Jakarta -

Perusahaan jasa keuangan berbasis teknologi informasi atau financial technology (fintech) telah tumbuh dengan pesat dalam lima tahun terakhir. Rendahnya inklusi keuangan membuat fintech menjadi alternatif bagi masyarakat yang belum tersentuh jasa keuangan. Satu lagi, generasi milenial yang identik dengan teknologi digital ke depan akan mendominasi target market terbesar.

Demikian yang diungkapkan Fabian Huber, Chief Operation Officer Allianz Utama Indonesia, dalam seminar dengan topik Digital Opportunities to Enhance the Financial Services, baru-baru ini.

“Untuk itu Allianz terus melakukan transformasi digital dan sejumlah inovasi khususnya di bidang layanan berbasis digital untuk memberikan pengalaman terbaik bagi nasabah,” ujar Fabian.

Menurutnya, Allianz Indonesia telah melakukan transformasi digital dengan menyiapkan ekosistem digital yang mendukung agen atau mitra bisnis Allianz ketika memberikan layanan bagi nasabah. Sejumlah langkah strategis yang diperlukan telah disiapkan, dari mulai proposisi produk yang tepat hingga ke seluruh titik layanan nasabah (customer touch points) yang telah bertransformasi menjadi proses bisnis digital dan layanan berbasis digital.

Baca Juga: Begini Caranya Agar Tidak Tercekik Pinjaman Online

“Perusahaan mengedepankan digitalisasi sejak fase awal nasabah bergabung hingga melakukan klaim dengan proses digital untuk menciptakan customer journey yang memberikan kemudahan dan mengesankan,” ungkapnya.

Berbagai inovasi lain yang juga telah dilakukan oleh Allianz Indonesia diantaranya dengan menjadi salah satu perintis di industri asuransi yang sejak awal telah berinvestasi serta bekerja sama dengan unicorn terbaik di Indonesia. Tidak hanya itu, perluasan kerja sama dengan mitra digital, agregator maupun perusahaan start up fintech juga dilakukan untuk bersama-sama melakukan sinergi mengatasi berbagai tantangan yang dihadapi oleh industri asuransi saat ini.

Sementara, Peter van Zyl, Presiden Direktur Allianz Utama Indonesia mengatakan, layanan yang cepat dan mudah adalah syarat mutlak untuk memenangkan hati nasabah dan mitra bisnis pada era ekonomi digital dan disrupsi digital saat ini. Menurutnya perkembangan teknologi digital secara tidak langsung membawa upaya percepatan akses jasa keuangan kepada lebih banyak orang.

Karena itu sinergi antara platform digital dengan penyedia layanan keuangan, seperti bank, asuransi diharapkan dapat menjangkau lebih banyak orang mendapatkan layanan keuangan yang layak, sehingga inklusi keuangan meningkat dan literasi keuangan dapat tersebar di seluruh Indonesia. Melalui kerja sama bisnis yang strategis dengan beberapa mitra digital, agregator maupun perusahaan startup fintech Allianz memastikan produk dan layanan asuransi dapat semakin dirasakan manfaatnya, kian mudah diakses oleh masyarakat, serta mudah dipahami oleh semua jenis nasabah.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Agus Aryanto
Editor: Kumairoh

Bagikan Artikel: