Sucofindo Bantu Transformasi BPD Tingkatkan Mutu Pelayanan dan Daya Saing
PT Sucofindo (Persero) bersama Asosiasi Bank Pembangunan Daerah (Asbanda) dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menyelenggarakan workshop Transformasi BPD di seluruh Indonesia dengan tema Accelerating BPD’s Transformation Programs through Digital Banking to Enhance Quality Service Excellence di Hotel Ayana Midplaza, Jakarta, Kamis (11/4/2019).
Direktur Eksekutif Asbanda, Wimran Ismaun mengatakan bahwa BPD perlu meningkatkan mutu layanan perbankan karena hal tersebut merupakan faktor utama untuk kepuasan nasabah dan masyarakat pada umumnya.
Oleh karena itu, layanan dan tata kelola perbankan tidak dapat dipisahkan dari standardisasi yang disebut dengan sertifikasi ISO.
Sementara itu, Toto Zurianto yang merupakan Koordinator Pengawasan Lembaga Jasa Keuangan Wilayah Timur, DKB IV OJK, menjelaskan, kesuksesan transformasi BPD ditentukan oleh tiga hal penting.
Baca Juga: BTN Tawarkan Kredit Rumah dengan Bunga Khusus ke Sucofindo
"Pertama adalah digital banking (financial technology), selanjutnya service excellence yang merupakan prasyarat penting untuk melakukan kegiatan dalam bisnis, dan yang terakhir adalah membangun strategic human capital yang baik. Ketiga hal tersebut adalah kunci untuk meningkatkan peran BPD dalam pembangunan ekonomi Indonesia," jelas Toto.
Melihat tantangan yang dihadapi BPD tersebut, Bachder Djohan Buddin, Direktur Utama Sucofindo, mengatakan, pihaknya siap membantu BPD melakukan transformasi digital melalui integritas layanan dengan pendekatan standar pelayanan prima mengacu pada standar ISO 9001 untuk mewujudkan bisnis yang sustainable.
"Sertifikasi ISO 9001 adalah bukti dari pihak ketiga terhadap konsistensi penerapan pelayanan perbankan dengan tetap menjaga keamanan data yang menjadi jiwa dari sempurnanya kualitas layanan," papar Bachder.
Dirinya kembali melanjutkan, sebagai bagian pelayanan, keamanan data penting dijaga karena data pribadi nasabah yang dilindungi oleh undang-undang digunakan dalam transaksi perbankan. Oleh karena itu, Sucofindo melalui solusi IT security siap memberikan jaminan keamanan bagi pelanggan agar bisa berlari lebih cepat dalam menjalankan bisnisnya dan meningkatkan daya saing serta keunggulan komparatif di industri perbankan melalui proses sertifikasi ISO 27001 dan Sucofindo Omniguard sebagai basis pelindung server.
Terakhir, menurutnya, transformasi juga membutuhkan pengembangan produk sesuai dengan kebutuhan sektor industri saat ini. Sucofindo juga memiliki jasa collateral management services (CMS) atau manajemen dan pusat logistik berikat yang selama ini banyak ditangani perbankan asing untuk menjadi solusi dalam peningkatan pendapatan BPD di masa yang akan datang.
Baca Juga: Kementerian BUMN Puji Standardisasi Mutu Sucofindo
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Penulis: Bambang Ismoyo
Editor: Rosmayanti