Shazam! Bukan Film Superhero Kuat, Ini Aplikasi Besutan Empat Sahabat
Shazam, bukan film superhero yang baru rilis 5 April kemarin. Shazam ini merupakan aplikasi yang bisa memberi tahu pengguna tentang judul lagu yang sedang mereka dengarkan. Aplikasi ini dibesut oleh empat orang sahabat, salah satunya bernama Dhiraj Mukherjee.
Shazam bermula dari ide gila pada tahun 1999. Pada saat itu, teknologi yang membuatnya berfungsi tidak ada, perpustakaan digital musik yang dibutuhkannya tidak ada, dan tidak ada model bisnis untuk membuatnya.
Dengan segala keterbatasan, keempat pendiri tetap terobsesi untuk mewujudkan idenya tersebut. Tiga lulusan MBA dan ilmu komputer Ph.D. memutuskan untuk melupakan pekerjaan bergaji tinggi dan mulai memecahkan tantangan ini dan membangun bisnis di persimpangan musik dan teknologi.
Baca Juga: Jangan Buka Usaha Bareng Sahabat! Risikonya Banyak. . .
Bagaimana empat orang sahabat tersebut berkolaborasi dengan baik? Berikut tipsnya:
1. Saat memulai bisnis, rekan pendiri harus memiliki keterampilan yang berbeda, tetapi memiliki nilai yang sama
Dhiraj menjelaskan, “Keempat pendiri masing-masing membawa keterampilan dan gaya berpikir yang unik ke meja. Chris Barton dan Philip Inghelbrecht cenderung untuk dengan cepat menyelesaikan masalah dan menyelesaikan segala sesuatunya dengan cepat, sedangkan saya adalah seorang ahli strategi yang ingin tahu bagaimana skala itu.”
Pendiri keempatnya, Avery Wang, adalah seorang ilmuwan komputer, dia sangat memahami pemrosesan signal digital, yang sangat penting bagi teknologi.
Baca Juga: Instagram: Teman Terbaik Jalankan Bisnis
Di bawah keahlian yang berbeda dan gaya berpikir adalah keselarasan lengkap dengan seperangkat nilai yang membuat mereka bekerja sama dengan baik, yakni keadilan, kesenangan dan etos kerja.
2. Terkadang ide "bodoh" adalah peluang besar
Shazam bukanlah peluang yang jelas dan pada kenyataannya, teknologi yang benar-benar membuatnya lepas landas tidak akan ada sampai 10 tahun setelah perusahaan diluncurkan. Alih-alih mengikuti tren untuk menghasilkan uang, mereka lebih memilih melakukan sesuatu yang mereka pikir akan disukai banyak orang.
"Saya memiliki spreadsheet semua hal yang perlu terjadi agar ini berfungsi dan probabilitas setiap hal terjadi," kata Dhiraj, "ketika saya menghitung kemungkinan semuanya berfungsi, spreadsheet saya mengatakan ada peluang sekitar 4 persen untuk sukses. Entah bagaimana, itu tidak membuat kami menunda."
3. Pekerjakan orang yang lebih baik dari Anda
Ketika Shazam tumbuh, Dhiraj mempekerjakan bosnya sendiri Vijay, seorang eksekutif pemasaran musik yang berbakat dan berpengalaman. Setahun kemudian dia membantu mempekerjakan bos bosnya, yang mengambil alih sebagai CEO perusahaan.
Dhiraj berkomentar, "Pendiri perusahaan memiliki kemampuan unik untuk merekrut orang lebih baik daripada diri sendiri tanpa mengancam posisi mereka sendiri untuk kepentingan jangka panjang terbaik perusahaan.”
Baca Juga: Lihat 5 Kisah Bisnis Ini yang Didirikan Bareng Sahabat, Enggak Jadi Masalah Kok
“Kami melakukan sesuatu yang keren yang menggabungkan teknologi dan musik, yang membantu kami mendapatkan banyak orang yang benar-benar berbakat yang ingin melihat aplikasi ini berhasil.”
4. Dalam setiap tantangan besar, ada peluang tersembunyi
Tak lama setelah Shazam meningkatkan modal putaran pertama, gelembung dot com meledak, NASDAQ turun 70% dan investasi besar di perusahaan internet tidak terjadi dalam waktu dekat.
"Ini adalah masalah besar di satu sisi, tetapi juga memberi kami kesempatan karena tiba-tiba beberapa jagoan komputer terbaik menganggur dan mencari proyek yang menarik," ia merefleksikan.
Shazam mempekerjakan orang-orang luar biasa menggunakan insentif opsi saham saat ini. Kumpulan talenta yang kaya ini membantu menunjukkan Shazam adalah investasi yang berharga begitu VC mendapatkan kembali minat mereka untuk bertransaksi.
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Penulis: Clara Aprilia Sukandar
Editor: Clara Aprilia Sukandar
Tag Terkait: