Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
Indeks
About Us
Social Media

Jelang Lebaran, Lion Parcel Banjir Pesanan

Jelang Lebaran, Lion Parcel Banjir Pesanan Kredit Foto: Yosi Winosa
Warta Ekonomi, Jakarta -

PT Lion Parcel mencatat jumlah resi pengiriman barang menjelang lebaran 1440 H naik 4 kali lipat menjadi 8 juta kilogram, dari normalnya sekitar 2 juta kilogram per bulan. Diharapkan mulai September nanti, jumlahnya meningkat menjadi 10 juta perkilogram per bulan atau naik lima kali lipat.

Chief Commercial Officer PT Lion Parcel, Victor Ary Subekti menyatakan kenaikan tersebut dipicu oleh relaksasi regulasi dari kemenhub terkait SMU. Selain itu, THR juga turut membuat bisnis ecommerce yang digeluti para pelaku UKM.

"Kota seperti Jakarta naiknya 60 persen, kota lain hanya naik 5-6 persen saja, organik tumbuhnya jadi tergantung kotanya. Secara total naik 30 persen lah terutama minggu-minggu ini setelah THR mereka cair online shopnya mulai lancar," kata dia di Jakarta, Selasa (28/5/2019).

Baca Juga: Target Pengiriman Lion Parcel 2019 Naik Dua Kali Lipat

Pihaknya juga berencana memberikan insentif kepada para pelaku UKM (segmen ritel) berupa promo khusus untuk pengiriman barang kecil, semisal barang seberat 1-2 kilogram agar ongkirnya juga tidak mahal. Misalnya dengan memanfaatkan slot siang atau sore yang masih banyak kosong, baik itu fashion, aksesoris maupun barang elektronik.

"Sebagai strategic business unit dari Lion Air Group, tentu kita akan menjadi revenue generator ke depan. Dari total kargo lion grup, share kita sudah 15-20 persen dan ini akan diperbesar ke depan. Selama ini utilisasi slot masih populer seperti flight pertama, kedua atau terakhir. Ke depan kami akan isi slot yang masih kurang populer seperti siang ke sore, mungkin sampainya akan 1-2 hari lebih lama tapi dengan harga 30 persen lebih murah misalnya," tambah dia.

Saat ini Lion Parcel memiliki 6.700 gerai dan 556 mitra KVP, yang bekerja sekitar 6 jam per hari dan berpenghasilan 1-4 juta per bulan. Lion Parcel juga berjasama dengan ecommerce lain seperti Tokopedia, Bukalapak, Blibli, Salestock, Zalora, BerryBenka dan sebagainya. Perusahaan ingin menjadi yang tercepat atau next day delivery (semalam), dengan delivery time 1-2 hari untuk kota kota besar termasuk di Maluku dan Papua, 2-3 hari untuk kota kabupaten dan 4-7 hari hingga ke pelosok desa

Tidak lupa, Lion Parcel memanfaatkan mobile apss big data analytic baik bagi customer maupun kurirnya, dimana diharapkan menjaga recurring customer dan membantu UKM mengadjust cost of production dibanding revenue mereka lewat dasboard yang datanya direkap harian, mingguan hingga bulanan. Saat ini terdapat 3.000 active user.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Yosi Winosa
Editor: Kumairoh

Bagikan Artikel: