Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Puncak Arus Balik di Pelabuhan Merak Jatuh Hari Ini

Puncak Arus Balik di Pelabuhan Merak Jatuh Hari Ini Kredit Foto: Viva
Warta Ekonomi -

Puncak arus balik di Pelabuhan Merak, Banten diprediksi akan terjadi pada Minggu, 9 Juni 2019. Puncak arus balik ini diperkirakan akan membuat antrean kendaraan di Gerbang Tol (GT) Merak.

Dari data yang diperoleh, arus balik mulai terasa di GT Merak. Tercatat, hingga Sabtu malam, sedikitnya 21 ribu kendaraan telah masuk ke tol Tangerang-Merak, melalui Gerbang Tol Merak. Mayoritas, merupakan kendaraan dari Pelabuhan Merak, di Kota Cilegon, Banten.

Pada H+2, Jumat 7 Juni 2019, sebanyak 13.400 kendaraan telah masuk ke GT Merak. Kemudian pada H+3, Sabtu 0 Juni 2019, sejak pukul 07.00 wib hingga pukul 22.00 wib, sudah sebanyak 9.600 kendaraan masuk tol Tamer dari GT Merak.

"Biasanya cuma enam ribuan kendaraan. Kemungkinan puncak (arus balik) Minggu siang sampai malam. Total prediksi entrance (kendaraan masuk GT Merak) sampai besok pagi 29 ribu kendaraan," kata Kepala Divisi Operasional PT Marga Mandalasakti (MMS) selaku operator Tol Tamer, Haryanto Akbar, saat ditemui di GT Merak, Sabtu malam, 8 Juni 2019.

Adapun Dirlantas Polda Banten memprediksi, puncak arus balik terjadi pada Minggu, 9 Juni 2019. Karena hari Senin, 10 Juni 2019, karyawan sudah mulai aktif bekerja.

Pihak kepolisian telah menyiapkan berbagai skenario rekayasa lalu lintas, saat puncak arus balik. Terutama bongkaran kendaraan dari Pelabuhan Merak, menuju GT Merak dan jalan arteri di Kota Cilegon.

Saat terjadi kepadatan arus lalu lintas di Jalan Cikuasa Atas menuju GT Merak, maka tiga dari lima gardu di GT Merak akan dibuka sebagai jalan masuk.

Kemungkinan terburuk yang disiapkan, jika terjadi kemacetan panjang sejak Pelabuhan Merak hingga GT Merak, maka kelima gardu akan dibuka seluruhnya sebagai pintu masuk ke dalam Tol Tamer.

"Kemudian kendaraan yang exit menuju arah Merak, kita keluarkan melalui Gerbang Tol Cilegon Barat, melalui jalur arteri," kata Dirlantas Polda Banten, Kombes Wibowo, Sabtu 8 Juni 2019.

Baca Juga: Tahun 2023, Clipan Finance Alokasikan Capex Rp 3,5 Miliar Untuk Pacu Inovasi Digital

Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Viva. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Viva.

Editor: Cahyo Prayogo

Advertisement

Bagikan Artikel: