Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
Indeks
About Us
Social Media

Rilis Piano Digital, Casio Optimis Jangkau 20% Pangsa Pasar

Rilis Piano Digital, Casio Optimis Jangkau 20% Pangsa Pasar Dua seri piano digital merek Casio resmi meluncur ke Indonesia, Selasa (2/7/2019). | Kredit Foto: Casio
Warta Ekonomi, Jakarta -

Dua seri piano digital merek Casio resmi meluncur ke Indonesia, Selasa (2/7/2019). Seri tersebut terdiri atas CASIO PX-S dan CASIO CDP-S dan akan dipasarkan ke 40 toko alat musik milik Grup MG (MG Music).

Piano digital sendiri berbeda dengan piano akustik. Jenis piano ini mereplika tuts piano akustik yang menggunakan mekanisme hammer, kemudian disimulasi.

"Kami sudah berpartner dengan chain MG Group, ritel alat musik besar di Indonesia," kata Director of Sales PT Kairos Multi Jaya, Athanasius Cahyo Budiono, Selasa (2/7/2019).

Baca Juga: Kolaborasi dengan New Era, Casio Cuma Jual 50 G-Shock di Indonesia

Sebagai distributor resmi alat musik elektronik Casio di lndonesia, perusahaan itu optimis piano digital seri PX-S dan CDP-S memiliki prospek penjualan yang sangat baik di Indonesia. Ia pun memperkirakan kontribusi penjualan kedua seri itu akan mencapai 20% dari total performa penjualan produk Casio.

Marketing Communication Manager PT Kairos Multi Jaya, Alimo Tanto berujar, "Asumsinya menjangkau 20% pasar yang ada, sudah senang karena market piano lebih sempit dibandingkan market lain, misalnya keyboard."

Saat ini, produk piano digital Casio memiliki pangsa pasar sekitar 5%-7% di Indonesia. Sementara, di benua Eropa dan Amerika, pangsa pasarnya terbagi 50:50 untuk produk piano digital dan kategori produk lain.

"Brand awareness itu butuh dibangun. Nomor 1, barang mesti bagus, lalu harga terjangkau, baru pasar bisa terima dengan lebih luas," imbuh Cahyo.

Baca Juga: Kemendikbud Gandeng Casio Tingkatkan Kompetensi Siswa di Bidang Sains Teknologi

Karena itulah Casio akan menggandeng para influencer, utamanya dari kalangan pianis muda, dalam strategi pemasaran mereka di media sosial. Namun, perusahaan tak bisa menyebutkan total influencer yang akan diajak bekerja sama.

"Pemasaran digital sangat penting bagi kami, apalagi target pasarnya milenial. Dilihat dari dampaknya, bisa dikatakan 50:50 (disandingkan dengan pemasaran luring/offline)," jelas Cahyo.

Seri PX-S merupakan piano digital generasi terbaru dari Privia, terdiri atas PX-S1000 dan PX-S3000 untuk kebutuhan bermusik para musisi. Harganya dibanderol Rp8-11 juta.

Sementara, CDP-S meneruskan seri Contemporary Digital Piano terdahulu dengan menghadirkan varian CDP-S100, CDP-S150, dan CDP-S350 untuk para musisi pemula untuk berlatih di rumah. Seri CDP-S dijual di kisaran Rp5-8 juta.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Tanayastri Dini Isna
Editor: Kumairoh

Bagikan Artikel: