Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
Indeks
About Us
Social Media

Belum Debut, Mobil Listrik Porche Model Ini Dipesan 30.000 Kali

Belum Debut, Mobil Listrik Porche Model Ini Dipesan 30.000 Kali Kredit Foto: Reuters/Michael Buholzer
Warta Ekonomi, Jakarta -

Porsche telah mengamankan 30.000 pesanan untuk model terbaru mereka, Taycan, kurang dari sebulan sebelum peluncurannya. Diprediksi perusahaan bakal memproduksi 40.000 unit di tahun pertama.

Porsche awalnya menargetkan 20.000 mobil listrik Taycan untuk tahun pertama produksi. Tetapi minat yang tinggi pada mobil tersebut mendorong perusahaan untuk menggandakan produksi tahunan yang direncanakan menjadi 40.000 pada tahun pertama. Pemesan diharuskan membayar uang deposit sebesar €2.500 (US$2.785).

Jika Porsche mampu memproduksi dan kemudian mengirimkan 40.000 Taycan di tahun pertama produksinya, mobil sport elektrik itu akan melampaui beberapa model mobil dengan pembakaran internal ikoniknya, termasuk model 718 Boxster dan 911. Porsche menjual 35.573 model 911s dan 24.750 model 718 kendaraan secara global pada tahun lalu.

Taycan masih akan mengikuti model crossover dan SUV populer Porsche lainnya, seperti Cayenne dan Macan.

Baca Juga: Tesla Mencatat Rekor Jumlah Produksi Mobil Listrik

Taycan juga dapat mengganggu dominasi mobil listrik lainnya, seperti Tesla Model S, sedan listrik mewah yang populer dan telah lama mendominasi ceruk ini di industri. Tesla menggabungkan nomor pengiriman Model S dan X. Pada 2018, perusahaan mengirimkan 99.394 kendaraan Model S dan X.

Model S telah memiliki sejumlah pembaruan sejak produksi dimulai pada 2012, tetapi tidak memiliki facelift yang signifikan sejak April 2016 ketika fasia depan diubah agar lebih mirip dengan Model X.

CEO Tesla, Elon Musk mengatakan, awal bulan ini perusahaan tidak berencana untuk menyegarkan kendaraan Model X atau Model S-nya .

Di dunia otomotif, penyegaran biasanya berarti revisi kecil untuk model kendaraan yang melampaui pembaruan tahunan yang dibuat oleh pabrikan. Penyegaran bukan berarti desain ulang, meskipun sering ada perubahan mayor pada model kendaraan.

Perusahaan akan membuat perubahan kecil yang berkelanjutan pada sedan listrik mewah dan kendaraan sport. Bahkan dengan pembaruan berkelanjutan itu, pelanggan potensial dapat memilih Taycan yang lebih baru.

Baca Juga: Tesla Ungkap Kemungkinan Masuki Bisnis Pertambangan Mineral

Porsche tidak bertumpu pada hal baru dari kendaraan listrik pertamanya untuk mendorong penjualan. Perusahaan ini meluncurkan insentif lain, terutama rencana untuk memberikan pemilik Taycan tiga tahun pengisian daya secara gratis di ratusan stasiun publik Electrify America di seluruh Amerika Serikat.

Electrify America adalah entitas yang didirikan oleh Volkswagen sebagai bagian dari penyelesaiannya dengan regulator AS atas skandal kecurangan emisi dieselnya. Perusahaan juga melakukan investasi tambahan sebesar US$70 juta untuk menambah pengisi daya cepat DC ke diler Porsche.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Yosi Winosa
Editor: Rosmayanti

Tag Terkait:

Bagikan Artikel: