Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Pilpres Topang Pertumbuhan Ekonomi RI di Semester I 2019

Pilpres Topang Pertumbuhan Ekonomi RI di Semester I 2019 Kredit Foto: Boyke P. Siregar
Warta Ekonomi, Jakarta -

Pertumbuhan ekonomi Indonesia selama semester I 2019 mencapai 5,06% atau melemah jika dibandingkan dengan pertumbuhan pada periode yang sama tahun sebelumnya yang mencapai 5,17%.

Dari sisi pengeluaran, pertumbuhan tertinggi selama enam bulan ini berasal dari komponen pengeluaran konsumsi lembaga non-profit yang melayani rumah tangga (LNPRT) yang mencapai 16,09%, diikutiĀ  konsumsi pemerintah sebesar 6,93%, dan konsumsi rumah tangga sebesar 5,10%.

"Penguatan pertumbuhan konsumsi LNPRT terutama dipicu oleh kampanye presiden dan wakil presiden serta pemilihan anggota legislatif," kata Kepala BPS Suhariyanto dalam konferensi pers di Jakarta, Senin (5/8/2019).

Baca Juga: UMKM Punya Peran Penting bagi Perekonomian Indonesia

Di sisi lain, pertumbuhan konsumsi pemerintah disebabkan oleh kenaikan realisasi belanja barang dan jasa serta belanja pegawai.

"Kenaikan realisasi belanja barang dan jasa untuk konsumsi kolektif terutama terjadi pada belanja barang non-operasional, sementara untuk konsumsi individu terjadi pada belanja badan layanan umum (BLU)," tambahnya.

Sementara itu, dari sisi lapangan usaha, pertumbuhan tertinggi dicapai oleh jasa lainnya sebesar 10,37%; diikuti jasa perusahaan sebesar 10,15%; dan informasi dan komunikasi sebesar 9,33%.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Boyke P. Siregar
Editor: Rosmayanti

Bagikan Artikel: