Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Ini Senjata Smart Retail: Kendaraan Angkutan Berteknologi 5G

Ini Senjata Smart Retail: Kendaraan Angkutan Berteknologi 5G Kredit Foto: Daily
Warta Ekonomi, Jakarta -

Suning Logistics menggunakan teknologi 5G untuk mengoperasikan mobil pengiriman barang tanpa awak. Mobil putih  dengan ketinggian sekitar 0,5 meter tersebut sudah mengaspal akhir pekan lalu di kota Nanjing, provinsi Jiangsu, China Timur.

Kendaraan yang kali ini mengaspal adalah kendaraan tanpa awak yang sudah ditingkatkan kapasitasnya dibandingkan kendaraan sebelum-sebelumnya.

Direktur Suning Logistics, Lin Yunfei mengatakan, sebagaimana dilansir Chinadaily.com, mobil pengiriman tak berawak ditingkatkan dari jenis mobil lain yang diluncurkan April 2018.

Ia mengatakan kinerja mobil ini telah banyak ditingkatkan sehingga memungkinkan untuk melewati lampu lalu lintas sendiri dan kecepatan yang lebih cepat. Kecepatan si putih ini sekitar 8 km/jam hingga 15 km/jam. Fitur lainnya juga ada, mobil angkutan ini bisa mendeteksi rintangan 100 meter di depan, sehingga kendaraan ini bisa menghindari rintangan tersebut.

Baca Juga: Mau Tahu Bandrol Mobil Sport Listrik Hongqi?

Lalu bagaimana teknisnya, kendaraan ini membantu wujudkan smartretail? Pelanggan atau pembeli memesan kendaraan pengangkut tersebut melalui ponselnya. Lalu penjaga toko memasukkan pesanannya ke kendaraan otonomus tersebut dengan membekali kendaraan dengan sandi agar kendaraan sampai dengan tujuan dengan benar.

Setelah mobil sampai, informasi melalui pesan singkat di ponsel akan dikirimkan ke pelanggan. Dan kendaraan ini juga akan menyampaikan salam saat barang-barang yang dipesan diambil oleh pelanggan tersebut.

“Selamat tinggal, ingatlah untuk merindukanku,” itulah pesan suara dari kendaraan tersebut.

Untuk mengantisipasi masalah teknis di jalan. Pemantauan kendaraan tanpa awak ini dilakukan. Apabila ada sewaktu-waktu terjadi masalah, seperti kendaraan berhenti maka tim teknis akan datang dan mengendarainya dengan manual. Dan jaringan 5G yang berkecepatan tinggi akan dengan cepat mengambil alih lagi untuk beralih ke mode tanpa awak jika masalahnya selesai.

Baca Juga: Apple Diprediksi Luncurkan 3 Perangkat 5G Tahun Depan

Editor: Kumairoh

Bagikan Artikel:

Video Pilihan