Selasa (15/10/2019), Indosat Ooredoo bekerja sama dengan Facebook meluncurkan “Internet 1O1”, sebuah kampanye nasional yang bertujuan meningkatkan adopsi mobile internet di Indonesia. Selain itu,kerja sama itu diharapkan membantu pengguna internet pemula di Indonesia untuk mendapatkan pengalaman yang optimal melalui berbagai pelatihan di cabang ritel Indosat Ooredoo dan toko-toko eksklusif, terutama di daerah pedesaan. Kampanye ini adalah bagian dari program CSR Indosat Ooredoo pilar Edukasi yang memiliki misi untuk mendukung pendidikan di Indonesia dengan memanfaatkan teknologi digital.
“Kampanye nasional ini kan membantu memperkuat upaya inklusi digital dan mendorong orang-orang untuk menggunakan internet secara bertanggung jawab dan aman,” ujar President Director & Chief Executive Officer Indosat Ooredoo, Ahmad Al Neama, dalam keterangan tertulis yang didapat di Jakarta.
Baca Juga: Habis Akuisisi, Nasib Saham Telkom dan Indosat Bak Bumi dan Langit!
Data dari GSMA Mobile Economy Report tahun 2019 menunjukkan, penetrasi mobile internet diprediksi tumbuh hingga 69% pada tahun 2025. Artinya, ada 24 juta orang di Indonesia yang akan masuk ke ranah online. Namun, masih ada kesenjangan digital antara penduduk di kota besar dan pedesaaan. Sekitar 45% masyarakat tinggal di area pedesaan, angka ini tentu lebih tinggi dibandingkan negara-negara berkembang lain di Asia Pasifik. Kondisi Indonesia sebagai negara kepulauan juga dapat membuat biaya pembangunan infrastruktur menjadi tinggi. Riset GSMA juga menunjukkan bahwa 97% populasi di Indonesia yang tidak memiliki ponsel tinggal di area pedesaan.
Mencegah kesenjangan digital dan pemanfaatan internet membutuhkan kolaborasi dengan beragam pemangku kepentingan. "Kami senang dapat bekerja sama dengan Indosat dalam kampanye ini untuk memanfaatkan keahlian kami sehingga kami dapat membawa lebih banyak masyarakat Indonesia ke ranah online serta memberdayakan mereka dengan pengetahuan yang mumpuni agar tetap aman saat menggunakan teknologi dan platform digital,” kata Francisco Varela, VP Global Mobile Partnership Facebook.
Kampanye Internet 1O1 akan menjangkau jutaan konsumen Indosat Ooredoo dalam setahun ke depan hingga 15 Oktober 2020 di seluruh Indonesia. Tim Indosat Ooredoo akan membantu konsumen untuk memberikan materi edukasi tentang internet. Konten tersebut dibuat dengan menggunakan kurikulum GSMA MISTT.
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Penulis: Puri Mei Setyaningrum
Editor: Puri Mei Setyaningrum
Tag Terkait: