Bhinneka.com Bertransformasi Jadi Business Super-Ecosystem, Layanannya Makin Beragam
Sebagai pionir e-commerce di Indonesia sejak 1993, Bhinneka.com terus mengukuhkan leadership-nya. Bertransformasi menjadi Business Super-Ecosystem, yakni ekosistem yang menghadirkan layanan sektor jasa pertama dan terlengkap bagi kebutuhan bisnis di Indonesia, dari UMKM sampai enterprises.
Business Super-Ecosystem ini menghubungkan para pelaku bisnis secara komprehensif (business enabler), mulai dari para penghasil barang, penyedia jasa, fintech, layanan logistik, dengan para pelanggan yang terdiri dari UMKM, UKM, dan enterprises.
Bhinneka.Com pun menyediakan teknologi, akses data, dan perluasan kanal pemasaran untuk membantu perkembangan bisnis para penggunanya.
Baca Juga: Tingkatkan Layanan untuk Nasabah, Bhinneka Life Luncurkan Program Ini
Chief of Platform and Omnichannel Bhinneka, Vensia mengatakan, bukan sekadar box mover atau marketplace sebagai hanya lokasi digital bertemunya penjual dan pembeli, Bhinneka.Com sebagai Business Super-Ecosystem berupaya meningkatkan pertumbuhan sektor jasa di Indonesia, terutama yang dapat membantu membangun bisnis.
"Itu diawali dengan bergabungnya sepuluh brands layanan jasa di Bhinneka," tutur Vensia.
Secara spesifik, pembeda utama layanan jasa di Bhinneka.Com ialah fungsi, signifikansi, dan cakupannya bagi para pelaku bisnis. Dengan skema kemitraan yang khusus, layanan jasa yang hadir di Bhinneka.Com meliputi layanan perpajakan, pengelolaan sumber daya manusia (Human Resource Management), konsultasi marketing, riset komersial, dan lainnya.
Adapun nama-nama penyedia layanan yang bergabung dengan Bhinneka.Com di fase awal ini antara lain Markplus, Omnicom Media Group, PT Global Sinergi Bersama (SF Consulting), Ideoworks maupun BATS International.
Melalui model tersebut, para pelaku bisnis mulai dari skala UMKM hingga enterprises dapat terhubung dengan para penyedia jasa tersebut dan memanfaatkan layanan bisnis yang ditawarkan.
Misalnya, melakukan konsultasi dan pelayanan pajak sejak awal bisnis; memperluas branding dan exposure; meningkatkan strategi bisnis dari sisi marketing; mendapatkan market insight melalui riset pasar yang penting dalam menyusun strategi bisnis.
Semua bisa dilakukan secara online melalui platform Bhinneka.Com, dan difasilitasi dengan metode pembayaran untuk keperluan bisnis yang lengkap.
Bhinneka.com juga menjadi the first of everything, yang ditandai dengan sejumlah milestone. Selain pionir e-commerce di Indonesia; perusahaan juga menjadi toko online pertama penyedia di e-Katalog pada Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah (LKPP); perusahaan e-commerce pertama dengan strategi omni-channel, termasuk online-to-offline (O2O) di Indonesia lewat hadirnya Bhinneka Store di beberapa kota; juga jadi perusahaan e-commerce pertama yang terhubung langsung dengan Direktorat Jenderal Pajak (DJP).
"Layanan yang dihadirkan bukan hanya bersifat situasional dan konsumtif, melainkan sangat diperlukan dalam pembenahan kinerja agar efektif dan efisien," jelas Vensia.
Langkah itu juga sejalan dengan fenomena bisnis yang terekam di Indonesia dalam kurun lima tahun terakhir. Salah satunya, menurut laporan Badan Pusat Statistik (BPS), sektor jasa di Indonesia bertumbuh rata-rata 7,1 persen antara 2010-2017, lebih tinggi dari manufaktur (4,4 persen) dan pertanian (3,7 persen). Semakin maju sebuah negara, maka semakin besar peranan dari sektor jasa, terutama Indonesia yang menuju ke industri 4.0.
Di usia 26 tahun, Bhinneka.com mengklaim telah memiliki jutaan pelanggan, terbagi dalam segmen UMKM, enterprises, serta lembaga pemerintah. Bhinneka.com yang dulu dikenal hanya dari segi belanja konsumtif atau ritel (khususnya produk IT), telah menjadi market leader untuk pasar B2B dengan belanja produktif maupun operasional pemerintah di seluruh Indonesia.
"Untuk kenyamanan pelanggan dari berbagai segmen, Bhinneka.com juga melengkapi pilihan sistem pembayaran di Bhinneka Business Super-Ecosystem-nya. Kini setiap transaksi dapat menggunakan corporate card dan juga tersedia Duha Syariah untuk cicilan tenang tanpa riba," jelas Vensia.
Welly Rosianty, Marketing Manager Andal Software, menambahkan, Andal Software sebagai penyedia solusi HRIS yang dinamakan Andal PayMaster dengan pengalaman lebih dari 15 tahun telah membantu berbagai perusahaan di Indonesia dalam mendukung operasional yang lebih efisien, cepat, dan tertata dalam sistem penggajian karyawan sehingga para pebisnis dapat fokus pada pengembangan bisnis mereka.
"Bersama Bhinneka Business Super-Ecosystem, kami siap melayani segmen yang lebih luas, termasuk UKM," kata Welly.
Baca Juga: Bangun Ekosistem E-Commerce, Bhinneka dan Lazada Luncurkan Bhinneka Official Store
Menurut Welly, Bhinneka.com bersama para mitra bukan sekadar berkolaborasi bisnis, melainkan bahu- membahu membantu serta memberikan asistensi yang diperlukan kalangan pemilik atau operasional bisnis, entrepreneur, terlebih UMKM dengan sumber daya yang relatif terbatas.
Mirza Firmansyah, Tax Manager PT Global Sinergi Bersama, mengatakan, bermitra dengan Bhinneka.com dapat memperluas akses pasar untuk layanan konsultasi dan perpajakan yang berkualitas. Dengan demikian, turut berperan dalam menumbuhkan iklim bisnis yang sehat dari segi tax compliance.
Hal senada diungkapkan Rohan Mahajan, Performance Head Omnicom Media Group. Dalam kesempatan terpisah, Rohan mengatakan, Omnicom Media Group sebagai grup media global, ingin memperluas keahlian dalam platform pemasaran dan wawasan untuk membantu UKM dan perusahaan untuk memasarkan produk mereka dan memperluas ke pasar baru.
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Penulis: Agus Aryanto
Editor: Rosmayanti
Tag Terkait: