Deretan Brand Ini Viral di Medsos Tahun Ini! Penasaran Siapa Saja?
Sejumlah merek menjadi viral pada tahun ini, baik dari segi positif maupun negatifnya. Strategi pemasaran yang tepat dan insiden tak terduga jadi penyebab itu terjadi.
Perusahaan riset data konsumen Brandwatch mencoba mendata nama-nama merek yang menjadi viral sepanjang tahun ini dengan memantau percakapan mengenai sejumlah merek besar. Data-data itu kemudian divisualisasikan lebih dari setahun untuk mengidentifikasi tren yang sedang viral di kalangan konsumen.
Kira-kira, merek apa saja yang banyak dibicarakan tahun ini? Inilah daftarnya!
1. Wendy's
Perusahaan yang bergerak di bidang makanan dan minuman ini berhasil menciptakan keterlibatan konsumen dengan jumlah signifikan. Salah satu cuitannya pada awal Mei lalu berhasil direspons sekitar 29,1 ribu kali, dengan 422 ribu pengguna yang membicarakannya.
Y’all keep asking, so here’s your chance.
— Wendy's (@Wendys) May 4, 2019
The people in charge say if you guys can get our tweet (this one right here) to 2 Million likes, they will bring SPICY CHICKEN NUGGETS BACK.
Let’s freakin’ do this! https://t.co/qrtvWXjj9V
2. Nintendo
Merek yang satu ini terkenal di dunia pecinta gim. Satu cuitannya yang menanyakan jenis gim Nintendo apa yang paling disukai para pengguna Twitter berhasil mengumpulkan hampir 30 ribu balasan. Luar biasa!
What #NintendoSwitch games and announcements from the latest #NintendoDirect have you the most excited?
— Nintendo UK (@NintendoUK) September 6, 2019
Give it a watch and let us know: https://t.co/XVcoV8AIQ6 pic.twitter.com/QCO5vFO18w
Cuitan lain yang menunjukkan keterlibatan yang tinggi datang dari akun Nintendo Amerika, membahas gim Smash Bros Ultimate. Ada sekitar 58 ribu balasan terhadap cuitan tersebut.
Your favorite bear-bird duo, Banjo & Kazooie, is joining Super #SmashBrosUltimate! Grab the Fighters Pass and get ready for when Banjo-Kazooie arrive on the battlefield this fall. https://t.co/hJmYO8YgVN pic.twitter.com/tsypQJpdBC
— Nintendo of America (@NintendoAmerica) June 11, 2019
3. MTV
Laporan MTV soal Grammy, khususnya soal BTS, berhasil menarik perhatian para pengguna Twitter. Bahkan, total mention yang masuk sebagai respons cuitan akun resmi MTV mencapai lebih dari 33 ribu loh!
Still not over the fact that @BTS_twt got to live out their dreams of attending the #GRAMMYs last night. They deserve. ????#TearItUpBTS pic.twitter.com/UUz9xTJF2p
— MTV (@MTV) February 11, 2019
Tak cuma itu, MTV juga berhasil mengumpulkan sekitar 57 ribu balasan terhadap cuitannya, ketika mereka mengunggah video penyanyi Cardi B saat menerima penghargaan kategori Best Hip-Hop.
YAS! Congrats @iamcardib on winning Best Hip-Hop at the #VMAs pic.twitter.com/kDCKBiaWC8
— MTV (@MTV) August 27, 2019
4. MrBeast alias Jimmy Donaldson
Selain merek perusahaan, ternyata ada pula Youtuber yang cuitannya mendapatkan respons luar biasa. Filantropis Jimmy menyampaikan maksudnya untuk mentransfer kartu hadiah Amazon senilai US$1.000 bagi seseorang yang membagikan ulang cuitannya. Prinsipnya sih sama dengan giveaway yang sering dilakukan oleh para selebgram di Indonesia.
Tahu enggak, berapa mention yang masuk sebagai respons cuitan MrBeast? Hampir 50 ribu!!
I’m going to dm someone who retweets this tweet a $1,000 Amazon Gift card in 72 hours. If you’re picked but don’t follow me, I’ll pick someone else. (Cause then I can’t dm you)
— MrBeast (@MrBeastYT) March 16, 2019
5. Amazon Music
Melalui cuitan akun resmi grup idola Korea Selatan, Bangtan Boys (BTS), unit bisnis musik Amazon alias Amazon Music menjadi viral! Dalam cuitannya, BTS mengunggah gambar berisi videonya di papan iklan Times Square; melahirkan hampir 50 ribu balasan. Tak cuma itu, 132 ribu pengguna Twitter juga ramai membicarakan cuitan tersebut.
#BTS in Times Square! Thanks @AmazonMusic! #AlexaPlay the new album by BTS https://t.co/s7qB7wiWSk pic.twitter.com/seBnhzYFfn
— BTS_official (@bts_bighit) April 13, 2019
6. Amazon
Menyusul Amazon Music, merek Amazon juga ikut viral tahun ini. Hanya dengan membahas tentang perayaan Prime Day, Amazon berhasil mengumpulkan 63,2 ribu mention.
On the first day of #PrimeDay yesterday, worldwide sellers – predominantly small and medium-sized businesses – saw the biggest 24-hour sales day in Amazon history! pic.twitter.com/cLNPuEr3Ea
— Amazon.com (@amazon) July 16, 2019
Merek ini juga pernah viral karena kabar buruk pada Februari 2019. Cuitan dari ALexandria Ocasio-Cortez soal kontribusi pajak Amazon berhasil membuat 77 ribu orang membicarakan merek itu, dan mengumpulkan mention sekitar 66 ribu.
Amazon is paying $0 in taxes on $11+ billion in profit.
— Alexandria Ocasio-Cortez (@AOC) February 14, 2019
$0 for schools.
$0 for firefighters.
$0 for infrastructure.
$0 for research and healthcare.
Why should corporations that contribute nothing to the pot be in a position to take billions from the public? https://t.co/IdsuKaVOTU
7. Apple
Merek ini paling banyak mengumpulkan engangement melalui satu cuitannya tentang peluncuran iPhone bermata tiga! Setidaknya ada 98,3 ribu balasan terhadap cuitan komentator teknologi dan media sosial, Lance Ulanoff soal meluncurnya perangkat anyar Apple itu.
Apple iPhone 11 Pro starts at $999 and arrives on September 20. #AppleEvent pic.twitter.com/WoUDvboo3b
— Lance Ulanoff (@LanceUlanoff) September 10, 2019
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Penulis: Tanayastri Dini Isna
Editor: Tanayastri Dini Isna
Tag Terkait: