Perusahaan "kosmetik gigi" Zenyum mengumumkan telah mendapatkan pendanaan Seri A sebesar US$$13,6 juta dari RTP Global, Sequoia India, TNB Aura, Enterprise Singapore's investment arm SEEDS Capital, dan beberapa investor lainnya.
Pendanaan tersebut akan digunakan untuk meningkatkan ekspansi perusahaan serta memperluas cakupan produk, tidak hanya behel transparan, tetapi juga pemutih gigi dan produk lainnya sehingga menciptakan kategori baru dalam dunia kesehatan yang disebut "Kosmetik Gigi".
Zenyum didirikan pada tahun 2018 oleh Julian Artope dan Frederik Krass dengan tujuan untuk menyediakan behel transparan yang terjangkau bagi masyarakat di wilayah Asia. Memanfaatkan kemajuan teknologi serta jaringan dokter gigi dan ortodontis yang tengah berkembang pesat, Zenyum menawarkan beberapa produk kosmetik gigi yang terjangkau, berkualitas, dan dirancang sesuai kebutuhan masyarakat Asia.
Baca Juga: Zenyum Hadirkan Perawatan Gigi Berbasis Teknologi di Indonesia
Aplikasi Zenyum yang dapat memantau perkembangan dalam penggunaan produk Zenyum berfungsi sebagai media komunikasi antara para dokter, pakar, dan pelanggan Zenyum. Dengan begitu, pelanggan tidak perlu melakukan konsultasi setiap bulannya.
Melalui pemeriksaan awal yang dilakukan melalui situs web Zenyum, calon pelanggan akan diperiksa oleh tim ortodontis dan dokter gigi Zenyum untuk menentukan kecocokan mereka dengan perawatan Zenyum. Calon pelanggan yang dinilai sesuai lalu mengunjungi satu dari ratusan klinik mitra Zenyum untuk dilakukan pemindaian intraoral oleh dokter setempat dan dibuatkan behel gigi transparan yang disesuaikan dengan kondisi gigi mereka.
Perusahaan ini mengalami pertumbuhan eksponensial selama dua belas bulan terakhir dan saat ini telah beroperasi di Singapura, Hong Kong, Malaysia, dan Thailand dengan ekspansi bisnis di Indonesia, Vietnam, dan Taiwan yang saat ini sedang berlangsung. Dengan lebih dari 100 anggota tim di seluruh kawasan dan pertumbuhan penghasilan yang mencapai 20–30 persen setiap bulannya, Zenyum diperkirakan telah memperluas pasar behel transparan sebesar 20 persen dari total pangsa pasar di negara-negara mapan seperti Singapura sejauh ini.
Melalui aplikasi Zenyum, pelanggan dapat berkomunikasi dengan tim dokter Zenyum tanpa harus berkonsultasi secara langsung di klinik gigi. Mayoritas pelanggan Zenyum adalah para milenial yang tengah meningkatkan status ekonominya dan baru saja memasuki dunia kerja. Mereka ingin meningkatkan rasa percaya diri dan mencerminkan optimisme mereka melalui senyuman yang percaya diri.
Zenyum adalah bagian dari kelompok awal Surge, sebuah program percepatan pengembangan untuk perusahaan-perusahaan baru di India dan Asia Tenggara, yang diluncurkan oleh Sequoia Capital India pada awal tahun ini.
"Kami merasa tersanjung dengan kepercayaan dan dukungan yang ditunjukkan para pelanggan kami dan berterima kasih kepada ratusan mitra dokter gigi kami yang membantu pelanggan memperoleh senyum yang membanggakan di seluruh kawasan. Dengan babak pendanaan ini, kami siap menindaklanjuti momentum yang telah kami bangun tahun ini dan akan terus berkomitmen pada misi kami untuk membantu masyarakat Asia tersenyum lebih percaya diri," tutur Julian Artopé, CEO & Founder Zenyum dalam keterangan tertulis di Jakarta, Sabtu (30/11/2019).
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Editor: Puri Mei Setyaningrum
Tag Terkait: