Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

IDI Minta Pemerintah Sediakan Pemakaman Khusus Jenazah Corona

IDI Minta Pemerintah Sediakan Pemakaman Khusus Jenazah Corona Kredit Foto: Antara/Muhammad Adimaja
Warta Ekonomi, Jakarta -

Pengurus Besar (PB) Ikatan Dokter Indonesia (IDI) mengusulkan pemerintah untuk menyediakan lahan pemakaman khusus bagi jenazah pasien COVID-19 agar tidak menimbulkan permasalahan di tengah masyarakat.

"Memang akan lebih mudah seperti itu. Dalam artian tidak mengganggu atau menimbulkan polemik di masyarakat," kata Wakil Ketua Umum PB IDI Mohammad Adib Khumaidi saat dihubungi di Jakarta, Kamis.

Baca Juga: Miris Dengar Jenazah Positif Corona Ditolak, Ganjar: Tolong! Jangan Tambah Sakit Mereka!

Mekanisme tersebut, kata dia, telah diterapkan di luar negeri dengan menyediakan pemakaman khusus jenazah pasien COVID-19. Oleh sebab itu, Indonesia sebaiknya menerapkan hal yang sama pula.

Adib menyakini dengan cara tersebut maka tidak akan ada lagi penolakan-penolakan pemakaman jenazah korban COVID-19 di Tanah Air sebagaimana yang terjadi di beberapa daerah.

Penolakan yang terjadi di sejumlah daerah itu, katanya, salah satunya disebabkan masyarakat merasa takut dan khawatir tertular virus tersebut. Oleh karena itu, pemerintah perlu mengambil langkah bijak agar tidak ada gejolak sosial.

"Maka salah satu solusi yang bisa dilakukan ialah menyiapkan pemakaman khusus," ujar dia.

Baca Juga: Nah Lho! PSI Disebut Harus Berkaca Soal Capreskan Ganjar Pranowo, Eh Ada yang Nyeletuk: Partai Gurem Lagi Pansos...

Editor: Ferry Hidayat

Advertisement

Bagikan Artikel: