Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Bos OJK Minta Kantor Daerah Genjot Roda Perekonomian Daerah

Bos OJK Minta Kantor Daerah Genjot Roda Perekonomian Daerah Kredit Foto: OJK
Warta Ekonomi, Yogyakarta -

Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Wimboh Santoso meminta agar keberadaan OJK di berbagai daerah tidak hanya bertugas mengawasi industri jasa keuangan, tetapi juga harus mampu berkontribusi untuk menggerakkan roda perekonomian daerah.

"Keberadaan kantor OJK di daerah juga harus bisa berperan nyata dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat dengan melakukan edukasi keuangan bagi berbagai lapisan masyarakat, membuka akses keuangan yang selebar-lebarnya serta melindungi kepentingan masyarakat dari berbagai produk investasi/keuangan ilegal yang berpotensi merugikan masyarakat," ujar Wimboh saat meresmikan gedung baru Kantor OJK DI Yogyakarta, Senin (24/8/2020).

Acara peresmian yang dilakukan dengan protokol kesehatan ketat ini juga dihadiri oleh Gubernur DIY Sri Sultan Hamengkubuwono X dan Wali Kota Yogyakarta Haryadi Suyuti.

Baca Juga: Gubernur Bank Sentral EMEAP Berembuk Strategi Selamatkan Ekonomi

Di masa pandemi ini, kata Wimboh, keberadaan kantor OJK di daerah harus mampu menggerakkan sektor usaha, khususnya segmen UMKM.

"Yakni menindaklanjuti penerapan program Pemulihan Ekonomi Nasional yang sudah dirilis oleh OJK bersama dengan pemerintah dan otoritas lainnya," tukasnya.

Asal tahu saja, pelaksanaan kebijakan restrukturisasi kredit dan pembiayaan di DIY, tercatat untuk perbankan sampai 5 Agustus 2020 sudah mencapai Rp11,9 triliun dan menjangkau 142,3 ribu debitur di 42 bank umum dan 63 BPR/S.

Sementara restrukturisasi pembiayaan di perusahaan pembiayaan atau multifinance hingga 31 Juli 2020 sudah mencapai Rp2,4 triliun dari 71,3 ribu debitur dari 71 perusahaan. 

Restrukturisasi kredit bank umum di DIY 95 persen diterima oleh sektor UMKM yang bergerak di sektor perdagangan besar dan eceran, jasa, industri pengolahan, pertanian serta penyediaan akomodasi dan makan minum.

Baca Juga: Proyek Sodetan Ciliwung Era Heru Budi Berbuntut Panjang: Setelah Fitnah Jokowi yang Buat Mangkrak, Buzzer Anies Sebut SBY yang Inisiasi

Penulis: Fajar Sulaiman
Editor: Rosmayanti

Advertisement

Bagikan Artikel:

WE Academy

Aspek Hukum Perkreditan & Administrasi Kredit

Aspek Hukum Perkreditan & Administrasi Kredit

Lihat Semua