Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
Indeks
About Us
Social Media

Ini Loh Pentingnya Pemasaran dan Kelola Keuangan Bagi UMKM

Ini Loh Pentingnya Pemasaran dan Kelola Keuangan Bagi UMKM Kredit Foto: Unsplash/Micheile Henderson
Warta Ekonomi, Jakarta -

Sejumlah program untuk Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) telah ada di daftar rencana PT PLN (Persero). Sebab, perusahaan pelat merah itu sadar akan pentingnya UMKM sebagai salah satu pilar utama ekonomi Indonesia.

Direktur Human Capital dan Management PLN, Syofvi Roekman mengatakan, pihaknya memberikan keringanan biaya penyambungan untuk tambah daya bagi pelaku UMKM.

"Salah satunya kami di PLN memberikan keringanan biaya penyambungan untuk tambah daya teman-teman UMKM sampai 75%, artinya bayarnya cukup 25% dari biaya yang seharusnya dibayar," ujar Syofvi dalam Webinar Ruang Energi, Sabtu (19/9/2020).

Baca Juga: 3 Tips Jaga Operasional Bisnis di Tengah PSBB

Baca Juga: Siap-Siap Cairkan Bantuan Rp600 Ribu! BP Jamsostek Sudah Setor 2,8 Juta Norek ke Kemenaker

Selain itu, untuk mengembangkan usaha para pelaku UMKM di tengah pandemi, pihaknya telah menggelar 90 webinar dan 348 pelatihan.

"Untuk peningkatan keterampilan tentang manajemen keuangan, peningkatan kemasan, dan bagaimana pemasaran," kata dia.

Tidak hanya itu, PLN juga turut membantu pelaku UMKM dalam peminjaman modal usaha, di mana pada tahun 2020 PLN mengalokasikan anggaran Rp2,5 miliar.

"Kemudian, kami juga membuka akses pasar melalui pameran-pameran di mana sudah menjadi event tahunan apalagi di masa pandemi menggelar virtual ekspor yang rencananya kami buat di Oktober melibatkan kurang lebih 100 mitra binaan," ucapnya.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Tanayastri Dini Isna

Bagikan Artikel: