Akudigital Harap Pelaku Bisnis Segera Pelajari Strategi Digital Marketing
New Normal kata yang sudah tidak asing lagi di telinga kita saat ini. Betapa hebatnya wabah pandemi covid 19 ini meluluh lantahkan brand-brand besar. Dalam seketika usaha bisnis tumbang perlahan mulai dari Zara, Adidas, Victoria Secret, Pizza Hut, Wendy’s, dan lain sebagainya. Baca Juga: Membedah Perbedaan Traditional Marketing dan Digital Marketing
Saat ini pengusaha dipaksa dalam posisi bertahan, sudah tidak lagi memikirkan profit tetapi bagaimana agar bisa bertahan menjaga keseimbangan perusahaan serta mempertahankan karyawan mereka.
Berbagai macam usahapun dilakukan. Banyak usaha yang swap model bisnisnya seperti Pizza Hut jual di pinggir jalan, hotel menjadi ruang kerja, industri fashion berjualan masker, catering rumahan berjualan frozen food dan lain sebagainya.
Uniknya menurut pengamatan Kevin Maulana selaku founder Akudigital, ada beberapa bisnis kecil UMKM malah merangkak naik, mereka yang sudah mengerti digital marketing tahu caranya, siapa target marketnya, serta teknis penerapannya, mereka tetap mendapatkan orderan secara online.
"Hal ini kerap menjadi perhatian kita seluruh pengusaha, karena digital marketing ini seluruh proses dilakukan secara online sehingga memudahkan kita yang tidak bisa kemana-mana atau wfh," sebut Kevin, Kamis (24/9/2020).
Berikut tips dari Akudigital agar bertahan di era new normal. Daya beli yang menurun akibat pandemi, membuat market juga menurun.
1. Geser fokus, buat produk yang relevan dan manfaatkan peluang
Buat produk yang relevan dengan kondisi pandemic saat ini, kombinasikan dengan produk yang ada atau ciptakan produk dengan market baru yang relevan. Contoh seperti industri fashion yang beradaptasi dengan style APD atau masker yang didesign secara premium. Industri Catering yang berjualan frozen food secara online dan lain sebagainya.
2. Maksimalkan layanan online dengan digital marketing
Ketahui siapa target market Anda, dimana mereka dapat menemukan produk / brand anda. Apakah di social media, search engine, marketplace lalu optimasi melalui platform tersebut.
3. Gunakan promosi yang menarik
Kombinasikan produk Anda dengan promosi-promosi yang menarik. Misalkan dapatkan produk Anda hanya di rumah saja bonus masker & hand sanitizer yang sudah dikemas sesuai packaging brand Anda, atau customer bisa mendapatkan promo menarik jika memesan secara online dan lain sebagainya.
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Editor: Vicky Fadil
Tag Terkait: