Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Ekonom Indef: Jurus Ekonomi Ala APPI-Rahman Sangat Diperlukan UMKM

Ekonom Indef: Jurus Ekonomi Ala APPI-Rahman Sangat Diperlukan UMKM Kredit Foto: Antara/Irwansyah Putra
Warta Ekonomi, Jakarta -

Ekonom senior Indef, Didik Didik J. Rachbini, menilai program stimulus ekonomi yang digagas calon wali kota dan wakil wali kota Makassar Munafri arifuddin-Rahman Bando terkait relaksasi pajak dan retribusi sangat diperlukan usaha kecil dan menengah. 

Hal tersebut disampaikan oleh terkait gagasan program milik pasangan dengan julukan Appi-Rahman dalam pilwalkot Makassar yang akan berlangsung 9 Desember 2020. Baca Juga: Bareng Olivia Zalianty dan Alexa Key, Bamsoet Umumkan Pemenang Give Away. Selamat!

"Kebijakan relaksasi di masa krisis adalah kebijakan yang seharusnya, wajar dan diperlukan oleh usaha kecil dan menengah. Jangan sebaliknya memberlakukan pajak pungutan sebagaimana masa normal. Tidak hanya itu usaha kecil juga perlu diberi subsidi," katanya dalam keterangan tertulisnya, Rabu (25/11/2020).  Baca Juga: Pasca-Pandemi Covid-19, Digitalisasi Bakal Bangkitkan UMKM

Lanjutnya, ia menjelaskan bahwa duia usaha khususnya UMKM sangat memerlukan relaksasi pajak lantaran kondisi ekonomi saat ini tengah menurun.

"Itu dilakukan oleh pemerintah dengan meningkatkan pengeluaran pemerintah untuk sementara waktu dengan utang. 

Sambungnya, "Kalau relaksasi tidak dilakukan dengan mempertahankan level pajak normal apalagi menaikkan demi pad maka kebijakan ini sama dengan mencekik usaha kecil," tegas Didik.

Baca Juga: Berpotensi Didukung Jokowi untuk Pilpres 2024, Kubu Gerindra Ungkap Jasa Besar Anies Bagi Presiden

Editor: Vicky Fadil

Bagikan Artikel: