Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
Indeks
About Us
Social Media

Selamat! Daftar Pemenang Indonesia Public Relations Award (IPRA) 2021

Selamat! Daftar Pemenang Indonesia Public Relations Award (IPRA) 2021 Kredit Foto: Youtube Warta Ekonomi
Warta Ekonomi, Jakarta -

Di tengah kondisi pandemi Covid-19 yang melanda dunia pada tahun 2020 kemarin, utilisasi teknologi digital bagi masyarakat untuk mencari informasi menjadi sangat masif. Hal tersebut dipercepat dengan kondisi new normal yang diterapkan kepada masyarakat beberapa bulan terakhir. Dari sana, peran public relations (PR) kini sangat krusial terhadap semua informasi yang tersedia. Padahal, dunia humas dilanda banyak tantangan.

"Dengan pandemi Covid, semua berhenti, semua setop. Campaign global, tren heboh yang sudah kita siapkan sudah tidak relevan lagi. Di tahun 2021 ini, dunia humas menghadapi bukan satu tantangan, tapi sepuluh tantangan sekaligus. Sepuluh tantangan kompleksitas dunia praktisi humas," ujar Ketua Umum Perhimpunan Hubungan Masyarakat Indonesia (Perhumas), Agung Laksamana, dalam keynote speech yang disampaikannya pada acara penghargaan Indonesia Public Relations Award (IPRA) 2021: Navigating the Better Future, yang diselenggarakan oleh Warta Ekonomi secara virtual, Selasa (26/1/2021).

Baca Juga: Humas Harus Adaptif Jika Tidak Ingin Lenyap

Agung membeberkan, selain dari pandemi Covid, tantangan yang dihadapi PR mencakup disrupsi bisnis, media lansekap yang berubah, adanya fake news dan hoaks, adanya fake influencer dan fake followers, serta keberadaan robot journalism dan artificial intelligence (AI). Selain itu, kondisi yang serba mobile juga menjadi tantangan tersendiri. Ada pula soal informasi yang berlebihan, hingga tingkat perhatian audience yang berkurang.

"Robot sudah bisa membuat berita, di Jepang artificial intelligence (AI) sudah bisa menjadi creative director, membuat iklan, dan video musik. Di China, AI sudah menjadi news anchor. Di era 4.0 ini, lalu lintas informasi begitu deras, target audience kita bingung, mana yang kredibel, publik sendiri tidak bisa membedakan," ungkapnya.

Di sinilah, kata Agung, PR harus bisa memahami. Ia menyebut, setidaknya ada tiga "mantra" yang perlu menjadi fokus dan dilakukan oleh PR di masa sekarang. Salah satunya adalah harus bisa mengadopsi kondisi perubahan yang ada. "Kedua, kita harus beradaptasi dengan strategi-strategi baru untuk melihat platform-platform baru. Ketiga, kita harus mahir, kita harus canggih, kita harus expert di dalam bidang kita. Kita juga harus memahami fundamendal dari PR itu sendiri," pungkasnya.

Sementara itu, dalam kesempatan yang sama, Founder sekaligus Presiden Komisaris Warta Ekonomi, Fadel Muhammad, menyatakan bahwa penyelenggaraan Indonesia Public Relations Award (IPRA) kali ini memiliki suasana dan makna yang berbeda dibanding penyelenggaraan pada tahun-tahun sebelumnya. Hal ini lantaran kita semua saat ini masih sedang dalam keadaan pandemi yang seperti halnya kita ketahui bersama, utilisasi teknologi kini memiliki peran yang makin penting.

"Dalam sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2020 ini, disebutkan bahwa sebanyak 77 persen dari responden yang merupakan para praktisi di dunia ke-PR-an merasakan betul bahwa peran PR menjadi makin penting di saat pandemi ini," ujar Fadel, dalam sambutannya.

Berkaca pada hasil penelitian tersebut, Fadel mengimbau pada segenap praktisi PR yang hadir dalam acara kali ini untuk dapat turut mengambil peran lebih besar lagi di masyarakat. Termasuk juga terkait program vaksinasi yang telah dilaksanakan oleh pemerintah sejak tanggal 13 Januari 2021 lalu. Dengan perannya yang besar di masyarakat, Fadel berharap komunitas PR dapat ikut membantu pemerintah dalam memerangi pandemi Covid-19 dengan turut menyosialisasikan dan menginformasikannya di tengah-tengah masyarakat.

"Pada gelaran kali ini, Warta Ekonomi mengambil tema Navigating For The Best Future. Ini sangat menarik karena menandakan sebuah ajakan untuk kita bersama-sama dalam satu arahan menuju masa depan yang lebih baik. Terakhir, saya ucapkan selamat kepada para pemenang dalam acara penghargaan ini, sekaligus mengapresiasi setinggi-tingginya kiprah dan kontribusinya selama ini melalui dunia public relation," tegas Fadel.

Dalam menentukan pemenang, tim peneliti Warta Ekonomi dalam melakukan penelitiannya terkait penghargaan Indonesia Public Relations Award (IPRA) 2021: Navigating the Better Future dengan menggunakan metode media monitoring melalui analisis konten. Periode sentimen positif yang dinilai dimulai dari Agustus-Desember 2020. Penghargaan ini diberikan kepada 15 sektor industri, antara lain agribisnis, asuransi jiwa, asuransi umum, multifinance, perbankan, dan consumer goods. Sektor lain mencakup ritel, energy, minyak dan gas, properti dan konstruksi, pertambangan, otomotif, transportasi, foundation, serta informasi, teknologi, dan komunikasi.

Berikut Daftar Penerima Penghargaan Indonesia Public Relations Award 2021: Navigating The Better Future. Selamat!

Perusahaan Kategori Title Award
PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk Conventional Bank The Best Public Relations in Company Activity Across Nation and Global Scale Strategic Management
PT Bank CIMB Niaga Tbk Conventional Bank The Best Public Relations in Company Strategy on Improving Digital Products Supporting Services
PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk Conventional Bank The Best Public Relations in Company Management on Developing Marvelous Digital Application for MSMEs Programs
PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk Conventional Bank The Best Public Relations in Company Strategy on Establishing the Groundbreaking of National Housing Loan Products and Programs
PT Bank Mandiri (Persero) Tbk Conventional Bank The Best Public Relations in Company Management on Improving Indonesian Human Capital Skills
Citibank N.A Indonesia Conventional Bank The Best Public Relations in Company Strategy on the Fulfillment of Global Sustainable Initiatives Through Youth Ecopreneurship Program
PT Bank DBS Indonesia Conventional Bank The Best Public Relations in Company Strategy on Optimizing Customers Experiences Through Systemized Stakeholders Engagement
PT Bank Amar Indonesia Conventional Bank The Best Public Relations in Company Strategy on Combining Modern and Conventional Work Culture
PT Bank Tabungan Pensiunan Nasional Tbk Conventional Bank The Best Public Relations in Company Strategy with Stellar Integration of Internal Management
PT Bank UOB Indonesia Conventional Bank The Best Public Relations in Company Management on Establishing Comprehensive Digital Platforms

Halaman:

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Puri Mei Setyaningrum

Bagikan Artikel: