Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
Indeks
About Us
Social Media

Apa Itu Brand Visibility?

Apa Itu Brand Visibility? Kredit Foto: Istimewa
Warta Ekonomi, Jakarta -

Brand adalah kepribadian dari sebuah bisnis, baik bisnis tersebut merupakan barang konsumsi seperti minuman bersoda hingga jasa profesional seperti akuntansi. Emosi, citra, dan asosiasi yang dihubungkan seseorang dengan perusahaan itu umumnya telah dipikirkan dan direncanakan dengan baik oleh tim perusahaan. Perusahaan berusaha keras untuk membentuk citra positif terhadap perusahaan mereka, dan hal itu akan menghabiskan banyak uang untuk mewujudkannya.

Brand layanan profesional bisa sedikit berbeda dari barang konsumsi karena Anda biasanya membuat brand berdasarkan keahlian Anda, bukan produk tertentu. Anda ingin brand tersebut menggambarkan perusahaan Anda sebagai perusahaan yang mampu dan dapat dipercaya, tentunya yang terbaik di industri untuk layanan yang Anda berikan.

Baca Juga: Apa Itu Branding?

Alasan utama mengapa bisnis dimulai adalah untuk menawarkan layanan dengan imbalan uang. Tindakan menciptakan kesadaran dan membuat bisnis Anda terlihat adalah apa yang biasa disebut sebagai brand visibility. Ini adalah aspek penting dalam membangun bisnis karena ketika publik tahu bahwa bisnis Anda eksis, mereka akan mempertimbangkan apakah akan membeli produk Anda atau tidak. Untuk itu, mari kita simak artikel berikut.

Mengenal Brand Visibility

Brand visibility bisa disebut juga sebagai proses menciptakan brand online atau keberadaan web yang pada akhirnya membantu menciptakan brand awareness. Brand visibility dapat didefinisikan sebagai frekuensi orang melihat merek Anda di hasil pencarian Google, di media sosial, email marketing, dan saluran pemasaran online lainnya. Brand visibility adalah tentang bagaimana caranya untuk dapat terlibat dalam pemasaran online yang bertujuan untuk membantu menarik perhatian pelanggan ke brand Anda.

Brand visibility adalah kesan yang dirasakan klien atau pelanggan saat mereka melihat brand Anda. Pada saat itu, individu tersebut akan memutuskan apakah brand ini dapat dipercaya dan seberapa baik brand tersebut dibandingkan dengan yang lain.

Beberapa orang mungkin berpikir bahwa citra brand Anda dapat dikendalikan hanya menggunakan kampanye pemasaran dan promosi. Namun, sering kali hal ini tidak cukup efektif, yang mengakibatkan pemborosan sumber daya.

Saat Anda sedang mencari produk atau layanan, Anda pasti tidak akan terbiasa dengan semua brand. Apa yang akan Anda pilih? Kebanyakan orang cenderung lebih memilih brand yang dirancang dengan baik dan konsisten karena brand tersebut lebih dapat dipercaya daripada brand yang lain. Hal yang sama berlaku untuk perusahaan jasa profesional.

Layanan profesional berbeda dengan brand konsumen. Brand yang menjual kepada pelanggan tentu saja akan memfokuskan brand sepenuhnya pada produk mereka. Namun, perusahaan jasa harus fokus pada keahliannya. Anda perlu brand Anda untuk terlihat profesional, dapat dipercaya, dan mampu menangani permasalahan klien.

Seperti yang Anda lihat, desain brand lebih penting untuk mendapatkan visibilitas yang efektif. Oleh karena itu, sebelum Anda menghabiskan sumber daya kampanye pemasaran, Anda perlu memiliki desain merek, pedoman, dan identitas yang kuat

Apa Manfaat Brand Visibility?

Manfaat dari brand visibility adalah:

• Daya tarik dan retensi klien;

• Dapat diingat dan dapat dikenali;

• Diferensiasi dan keunikan yang jelas;

• Tampak dan merasa lebih bisa dipercaya;

• Meningkatkan nilai brand;

• Menjual pengalaman pengguna, tidak hanya produk atau layanan;

• Meningkatkan pemasaran produk Anda dengan mengaktifkan promosi dari mulut ke mulut

Jika Anda baru saja meluncurkan bisnis baru atau memiliki perusahaan yang akan diluncurkan, sangatlah penting untuk memahami pentingnya brand visibility.

Visibilitas sangat penting karena ini semua tentang siapa saja yang melihat bisnis Anda dan apa yang mereka lihat. Ini adalah sesuatu yang penting untuk dipertimbangkan mengingat krisis keuangan global yang sedang kita hadapi. Saat ini, kita mengalaim banyak bencana yang melanda dunia, dan dengan ini, kita semua harus mempertimbangkan cara untuk melindungi investasi kita.

Brand visibility sangat penting agar bisnis dapat terus tumbuh. Konsumen sekarang lebih cerdas dan mereka ingin tahu apa yang sedang populer. Penting untuk memahami pentingnya brand visibility karena pasar akan mengetahui keberadaan brand Anda jika mereka bisa merasakan kehadirannya. Oleh karena itu, bisnis Anda harus memiliki program hubungan masyarakat (PR) yang ekstensif untuk memastikan bahwa Anda dapat terlihat dan dirasakan oleh calon pelanggan.

Baca Juga: Apa Itu Brand Voice?

Dengan kampanye pemasaran yang terencana dengan baik, Anda dapat memastikan bahwa bisnis Anda mendapatkan eksposur maksimum dengan menggunakan alat bantu perdagangan tradisional, seperti pencetakan kartu pos yang disesuaikan, surat langsung, dan sejenisnya. Brand awareness sangat penting karena melalui visibilitas itulah bisnis dapat memanfaatkan basis konsumen potensial dan mengembangkan bisnis mereka.

Saat ini, brand visibility telah menjadi hampir wajib dalam hal pemasaran modern. Misalnya, platform media sosial telah memudahkan bisnis untuk berinteraksi dengan calon konsumen mereka dan membuat mereka untuk mengetahui produk dan layanan mereka. Tanpa promosi brand yang tepat, konsumen tidak akan tahu milik siapa brand Anda. Dengan reputasi yang baik, mereka secara otomatis akan kembali kepada Anda untuk menggunakan layanan yang Anda sediakan.

Namun, bagaimana Anda memastikan brand Anda tetap terlihat? Jawabannya sederhana: Buat konten yang berkualitas.

Konten adalah apa yang dibaca pelanggan dan calon pelanggan tentang bisnis Anda, dan sebaliknya, informasi ini dapat membawa banyak wawasan tentang perusahaan Anda. Artikel atau postingan blog yang ditulis dengan baik mungkin merupakan kesan pertama yang diterima perusahaan Anda, dan reputasi perusahaan Anda hanya bergantung pada pekerjaan yang Anda lakukan untuk membangun brand Anda. Sederhananya, konten berkualitas dapat menjamin bahwa perusahaan Anda mempertahankan dan mendapatkan kepercayaan dari pelanggannya.

Contohnya, Anda memiliki perusahaan yang bergerak di bidang jasa profesional. Jika orang berpikir perusahaan Anda layak untuk disewa, mereka akan mempekerjakan Anda. Saat orang mempekerjakan Anda, mereka mengharapkan layanan Anda memberikan kualitas dan pengalaman yang sama dengan yang diterima teman dan kolega mereka dari Anda. Tanpa konten yang berkualitas baik, konsumen akan merasa bahwa Anda belum menyelesaikan permasalahan mereka.

Internet adalah pusat komunikasi saat ini, dan tanpanya, komunikasi antara bisnis dan konsumen mereka akan berubah secara drastis. Pelanggan berharap untuk dapat menghubungi perusahaan yang mereka tangani secara efisien, dan jika Anda tidak mempertahankan kontak dengan mereka, Anda bisa menuju masalah yang lebih rumit.

Cara Untuk Meningkatkan Brand Visibility

Ada beberapa cara untuk mencapai visibilitas di pasar:

Optimalkan kata kunci situs web Anda. Ini akan membantu calon klien untuk menemukan perusahaan Anda ketika mereka mencari solusi dan mungkin tidak tahu harus bertanya kepada siapa. Jika Anda dapat mengidentifikasi jenis istilah yang mereka cari, Anda akan memperluas audiens dan jangkauan pemasaran Anda. Dengan menggunakan kata kunci dalam bentuk salinan dan header laman web serta cara Anda dalam berbicara tentang layanan yang telah disediakan, Anda dapat membawa pengguna ke situs web Anda, dan karenanya akan mendidik mereka untuk mengenal perusahaan Anda.

Iklan berbayar. Sebagai kampanye pemasaran jangka pendek, iklan bertarget dapat membantu mendapatkan visibilitas brand baru atau yang baru saja direposisi. Iklan berbayar tersedia di berbagai platform media sosial seperti LinkedIn dan Twitter, juga halaman hasil mesin pencari seperti Google Ads. Pemilihan kata kunci dan pembuatan teks iklan yang tepat akan membantu menjaga anggaran agar tidak lepas kendali. Metode ini perlu dipantau secara ketat untuk melihat keberhasilan jangkauan pemasaran Anda sambil tetap menjaga anggaran pemasaran.

Aktif di media sosial. Perusahaan Anda harus memiliki profil Twitter dan LinkedIn yang kontennya dapat Anda bagikan. Beberapa perusahaan juga menggunakan Facebook dan Instagram. Lihat di mana klien potensial Anda (dengan bertanya kepada mereka) dan pastikan perusahaan Anda terwakili di saluran tersebut. Anda bisa mendapatkan awareness dan visibilitas brand dengan sering mem-posting konten yang berguna untuk target klien dan memastikan mereka melihatnya, melalui tagar dan grup yang Anda buat.

Twitter memungkinkan pengguna untuk mencari berita dan informasi melalui #hashtags. Jadi, dengan menggunakan hashtag yang berkaitan dengan masalah yang dapat ditangani perusahaan Anda, audiens baru akan dapat melihat brand dan keahlian Anda. Grup juga dapat digunakan di LinkedIn, jadi bergabunglah dengan grup yang akan diikuti target klien Anda dan berpartisipasi dalam percakapan mereka. Ini akan membantu brand Anda untuk tetap terlihat di antara audiens industri Anda.

Baca Juga: Apa Itu Chatterbot?

Tulis postingan blog. Dengan membuat postingan blog yang dioptimalkan menggunakan kata kunci, Anda dapat menampilkan brand Anda ketika target klien menggunakan mesin pencari untuk menemukan jawaban atas segala permasalahan mereka. Anda dapat memperkuat keahlian brand Anda dengan mendiskusikan masalah yang sedang dihadapi target klien Anda. Anda juga dapat memperluas brand awareness dengan mengamankan guest blog di blog lain yang dibaca oleh calon klien Anda dan menautkan kembali ke situs web Anda.

Mencapai brand visibility adalah investasi jangka panjang. Butuh waktu dan sumber daya untuk menjadi brand yang dikenali orang banyak karena memiliki keunikan tertentu. Dengan secara konsisten menunjukan keberadaan perusahaan Anda ke pasar dan berada di tempat yang Anda kenal dengan audiens, Anda akan dapat menunjukkan otoritas Anda terhadap suatu permasalahan dan mendapatkan loyalitas yang dapat membuat perusahaan Anda sukses.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Patrick Trusto Jati Wibowo
Editor: Puri Mei Setyaningrum

Bagikan Artikel: