Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Kioson Bentuk Anak Usaha Baru GudangPintar.id, Siap Tingkatkan Efisiensi Logistik Mitra UMKM

Kioson Bentuk Anak Usaha Baru GudangPintar.id, Siap Tingkatkan Efisiensi Logistik Mitra UMKM Kredit Foto: Sufri Yuliardi
Warta Ekonomi, Jakarta -

PT Kioson Komersial Indonesia Tbk (Kioson), perusahaan  yang berfokus pada pengembangan UMKM dan toko kelontong, kembali memperkuat komitmennya untuk terus mengakselerasi bisnis UMKM di Indonesia. Kali ini, Kioson membentuk anak usaha baru, GudangPintar.id.

GudangPintar bertujuan meningkatkan efisiensi di bidang logistik, khususnya dalam penyediaan layanan fulfillment centre. GudangPintar.id akan melengkapi ekosistem retail digital Kioson yang saat ini telah mencapai lebih dari 80.000 outlet retail yang telah terdaftar di jaringan Kioson.

Reginald Trisna selaku Direktur Utama dari Kioson mengatakan, “Kioson sudah berpengalaman menjadi perusahaan yang memberikan kemudahan bagi para mitra pemilik outlet retail untuk bisa beradaptasi dengan era digital. Melihat potensi yang ada di dalam ekosistem Kioson yang saat ini telah mencapai lebih dari 80.000 outlet retail digital yang telah terdaftar di seluruh Indonesia, Kami bersama dengan GudangPintar.id meluncurkan layanan fulfillment centre GudangPintar. Layanan ini nantinya diharapkan akan dapat memberikan efisiensi dari sisi logistik pengadaan stok barang dagangan para mitra retail kami, yang sebagian besar adalah UMKM.”

Merujuk ke riset CLSA bertajuk ‘E-warung, Indonesia's New Digital Battleground', tiga juta warung kelontong berkontribusi hampir 80% terhadap pasar ritel Indonesia. Namun, 80% lebih atau sekitar 2,5 juta warung di antaranya masuk kategori underserved atau kurang terlayani. Hadirnya GudangPintar dari Kioson berusaha untuk menjawab tantangan tersebut, melalui ekosistem retail digital yang telah terbentuk di Kioson. Setiap 1 fulfillment centre bisa membantu percepatan distribusi dan efisiensi biaya logistik untuk sekitar 2.000 warung dan toko kelontong di sekitar lokasi.

Reginald Trisna selaku Direktur Utama  dari Kioson juga turut mengungkapkan, Dengan System WMS ( Warehouse Management System) yang terintegrasi dengan principal dan Logistik partner maka GudangPintar akan semakin efisien dan cepat dalam menangani logistic dan Distribusi dari Prinsipal ke Warung UMKM  yang dikelola oleh Kioson.

Kioson Warehouse Management System ( WMS)  merupakan fulfillment centre berbasis teknologi yang digunakan oleh Kioson untuk membangun GudangPintar. Proses fulfillment secara sederhana adalah pemenuhan proses dalam ekosistem logistik, mulai dari pemilahan barang, pengemasan, sampai dengan pengiriman via kurir ekspedisi. Dalam hal ini, fulfillment centre GudangPintar akan memaksimalkan proses logistik untuk para mitra Kioson, utamanya untuk pengadaan stok barang dagangan para mitra tersebut.

“Sinergi GudangPintar dengan ekosistem Kioson kami harapkan mampu untuk memberikan efisiensi maksimal pada bisnis UMKM para mitra retail Kioson dalam hal logistik dan pengadaan stok barang dagangan. Di tahun 2021, Kioson melalui GudangPintar.id memiliki target untuk membangun lebih dari 1.000 fulfillment centre di Indonesia untuk melayani 2 juta warung UMKM yang ada di pelosok nusantara,” tutup Reginald.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Annisa Nurfitri
Editor: Annisa Nurfitri

Bagikan Artikel: