Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
Indeks
About Us
Social Media

Saatnya Produk UMKM Manfaatkan Jasa Pengiriman Barang

Warta Ekonomi, Jakarta -

Hadirnya berbagai platform penjualan online membuka banyak peluang bagi orang untuk mengembangkan usahanya. Sehingga tradisi berbelanja secara online menjadi kebiasaan baru masyarakat Indonesia, terutama sejak masa pandemi Covid-19.

Apalagi, tingkat kompetisi dalam bisnis online juga cukup tinggi. Karena persaingan yang ketat ini, bisnis dituntut untuk bisa memberikan nilai tambah kepada konsumen, misalnya dengan memberikan layanan pengiriman yang efisien yang bisa diandalkan untuk meningkatkan pengalaman konsumen. 

"Biasanya penguasa UMKM mengalami kesulitan karena biaya yang diperlukan tidak sedikit. Maka, bisa melakukan pengusaha UMKM untuk menghadapi ini adalah dengan bekerjasama dengan jasa pengiriman instan,” kata Imi Pudjiati General Manager Customer Service SiCepat Ekspres dalam webinar Talk Show, bertema “Kepuasan Konsumen terhadap Pelayanan Jasa Pengiriman dan Cooking Demo Produk UMKM" yang digelar jagatbisnis.com, di Swiss-Belresidences, Kalibata, Jakarta, Sabtu (19/6/2021).

Menurutnya, di jaman serba instan ini kecepatan pengiriman menjadi hal kedua terpenting dalam pertimbangan konsumen dalam hal pengiriman untuk belanja online.

Bahkan, beberapa konsumen rela membayar lebih untuk mendapatkan barang yang mereka beli dengan lebih cepat. Dengan memakai jasa pengiriman dapat memberikan kemudahan bagi pelaku UMKM

Dari segi produk, SiCepat mencoba hadir untuk setiap segmen yang berbeda. Sampai saat ini memiliki 6 produk: SiUntung, layanan reguler; HaLU (Harga Mulai Lima Ribu), layanan yang tersedia di e-commerce; Best, layanan cepat sampai tujuan estimasi satu hari sampai di kota-kota besar; SiCepat Go, paket internasional dengan layanan pickup; H3LO, solusi pengiriman pelanggan social commerce  dan cash dengan biaya lebih terjangkau dengan berat kiriman 3 kg; dan Gokil, layanan dengan pengiriman barang minimum charge 10 kg dengan harga yang lebih ekonomis.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Seksi Perdagangan Produk UKM Smesco Indonesia, Ongky Irawan mengakui tahun ini pihaknya memang memfokuskan pada kepuasan pelanggan dan kecepatan mengiriman produk yang dipasarkan. Karena di Smesco semua UKM di seluruh Indonesia ada. Apalagi, sifatnya keberadaan Smesco ini untuk  mensupport UKM secara penuh di seluruh Indonesia.

“UKM yang terdaftar di kami sekitar 3.000 UKM yang ada secara fisik dan sekitar 34.000 UKM digital. Apalagi sistem kami dropshipper, ada gudang dan market dengan merangkul orang-orang yang terkena PHK untuk bergabung sebagai dropshipper. Sehingga mereka terbantukan,” ungkapnya. 

Owner Neby Bag Specialist Reptil Leather, Namsyah Ali B, memaparkan, pihaknya tetap mengandalkan jasa pengiriman dalam menjual produknya. Walaupun, pihaknya belum lama membuka toko di online shop. Karena selama 27 tahun ini, pihaknya hanya mengandalkan penjualan secara kekerabatan.

“Sudah 10 tahun ini kami mengekspor ke Hongkong dan Malaysia sebanyak 100 tas setiap bulannya. Untuk mengiriman kami

kami menggunakan jasa yang sudah terpercaya. Karena kami tetap menjaga komitmen terhadap kepuasan pelanggan melalui produk dan layanan, serta kekuatan pada pengiriman yang cepat dan harga murah,” ulasnya.

Sementara itu, Divisi Tata Usaha Lembaga Pembiayaan Dana Bergulir (LPDB) Kementerian Usaha Kecil dan Menengah, Hana menyatakan, tahun ini pihaknya hanya fokus pembiayaan di bidang koperasi dan UKM. Sedangkan, untuk bantuan perkuatan modal UKM bisa dilakukan dengan menjadi anggota koperasi yang sudah terdaftar di Kementerian Koperasi dan UKM. 

“Karena hingga saat ini masih banyak pelaku UKM yang belum terdaftar di Kementerian kami. Padahal kalau sudah terdaftar banyak sekali keuntungan yang bisa di dapat,” tutupnya.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Ferry Hidayat

Bagikan Artikel: