Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
Indeks
About Us
Social Media

Apa Itu Promotion Mix?

Apa Itu Promotion Mix? Kredit Foto: Unsplash/Austin Distel
Warta Ekonomi, Jakarta -

Promosi yang efektif adalah bagian penting dari setiap bisnis yang sukses, namun ini merupakan perjuangan berkelanjutan bagi banyak perusahaan. Menggunakan elemen promotion mix yang tepat dalam strategi pemasaran Anda dapat membantu perusahaan Anda untuk mendorong penjualan, mendapatkan audiens, dan lebih menonjol di antara kompetitor bisnis.

Setiap elemen dalam promotion mix memiliki kelebihan dan kekurangan. Menemukan perpaduan yang tepat dari alat promosi, proses, dan saluran pemasaran membutuhkan waktu, usaha, dan seringkali sedikit keberuntungan.

Baca Juga: Apa Itu Media Planning

Untungnya, dengan mudah Anda bisa memastikan bahwa pelanggan akan mendengar pesan Anda dengan keras dan jelas. Mari kita lihat elemen-elemen penting dalam promotion mix dan bagaimana strategi ini dapat bermanfaat untuk menciptakan keberhasilan perusahaan Anda.

Jadi, Apa Itu Promotion Mix?

Promotion mix adalah kombinasi spesifik dari alat, saluran, dan proses pemasaran yang Anda gunakan untuk mempromosikan penawaran Anda. Promotion mix adalah apa yang Anda katakan, bagaimana Anda mengatakannya, kepada siapa Anda mengatakannya, saluran apa yang Anda gunakan untuk menjangkau mereka, dan seberapa sering Anda berkomunikasi dengan audiens.

Empat Elemen Penting Dalam Promotion Mix

Promotion mix tradisional memiliki empat alat utama yang bisa digunakan bisnis untuk menciptakan makna bagi layanan atau produk mereka dan memengaruhi publik untuk membelinya:

1. Periklanan: Perusahaan membayar jasa untuk mengiklankan layanan atau produk mereka kepada banyak orang pada saat yang bersamaan. Bentuk umum dari pemasaran ini meliputi iklan di televisi, surat kabar, surat langsung, radio, majalah atau internet.

2. Promosi penjualan: Promosi penjualan adalah insentif jangka pendek untuk mendorong orang agar membeli produk atau jasa. Contohnya meliputi penggunaan kupon, rabat atau permainan dan kontes yang dapat diikuti oleh publik.

3. Hubungan masyarakat: Jenis promosi ini harus bisa mengomunikasikan layanan dan citra perusahaan kepada publik. Contohnya seperti melakukan konferensi pers atau siaran pers.

4. Pemasaran langsung: Strategi ini merupakan pendekatan yang lebih personal, dengan menargetkan pelanggan secara langsung melalui promosi tatap muka, katalog, email, panggilan telepon atau surat.

Promotion mix menjadi bagian dari marketing mix, yang merupakan model dasar yang digunakan oleh banyak perusahaan. Marketing mix terdiri dari empat P yang dapat membentuk strategi yang kuat bila digunakan secara bersamaan:

  • Price: Harga adalah berapa banyak uang yang konsumen bayar untuk produk Anda. Anda harus bisa meluangkan waktu untuk menentukan harga produk, di mana perusahaan mendapat untung tetapi biayanya tetap menarik bagi konsumen.
  • Product: Produk adalah layanan atau barang yang memenuhi permintaan atau kebutuhan pelanggan. Anda dapat merevisi katalog selama beberapa waktu untuk beradaptasi dengan perubahan di pasar.
  • Promotion: Promosi melibatkan semua teknik dan strategi pemasaran, seperti penawaran khusus, iklan, atau promosi penjualan. Produk dan harga adalah hasil dari promosi yang sudah dilakukan.
  • Place: Tempat berarti Anda harus mengetahui area terbaik untuk mendistribusikan produk Anda. Untuk itu, Anda harus mengetahui demografi dan kebiasaan pembelian konsumen di lokasi tersebut.

Mengapa Promotion Mix Itu Penting?

1. Meningkatkan efektivitas kampanye promosi. Promosi adalah bagian penting dari bisnis apa pun, sehingga perusahaan harus mengembangkan strategi promotion mix, menempatkan semua upaya untuk membuat promosi di tempat yang tepat, pada waktu yang tepat, dan kepada audiens yang tepat. Ini membantu seseorang untuk mendapatkan hasil maksimal dari sumber daya pemasaran mereka dengan mengoptimalkan anggaran dan menghemat waktu pemasaran.

2. Membantu menyegmentasikan audiens. Untuk mengembangkan strategi promotion mix yang menarik, perusahaan perlu mengidentifikasi siapa target audiensnya. Pelanggan potensial dapat mencakup berbagai kelompok orang yang memiliki kesamaan tertentu, misalnya, usia, jenis kelamin, dan preferensi, sehingga semuanya memerlukan pendekatan yang lebih personal. Promotion mix adalah metode utama untuk menyampaikan pesan promosi yang relevan melalui saluran yang paling sesuai untuk setiap segmen pasar.

3. Meningkatkan komunikasi dengan klien. Perusahaan perlu mengembangkan strategi promotion mix dengan mencoba berbicara dalam 'bahasa' mereka. Jika disiapkan dengan benar, ini membantu membangun kepercayaan antara brand dan pelanggannya. Ini adalah faktor penting dalam pemeliharaan prospek dan retensi pelanggan. Misalnya, kampanye email otomatis membantu mencapai sasaran ini dengan merespons tindakan orang secara instan.

4. Menginformasikan pelanggan. Beberapa promosi, di Instagram misalnya, bertujuan untuk menampilkan produk dari sudut pandang terbaik, atau platform lainnya, seperti SMS, menekankan keunggulan pada layanan lokal. Saat menggunakan promotion mix, perusahaan akan menentukan cara terbaik untuk mengedukasi orang tentang produk dan layanan yang mereka sediakan.

5. Menonjol dari keramaian. Orang-orang akan dibombardir dengan segala macam iklan di setiap kesempatan. Dengan melakukan promotion mix, sangat mungkin sekali untuk menarik perhatian dari keramaian tanpa menciptakan kekacauan di kepala pelanggan Anda. Perusahaan yang sukses membuat kualitas menang atas kuantitas, mempromosikan produk atau layanan mereka di tempat yang tepat dan waktu yang tepat.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Patrick Trusto Jati Wibowo
Editor: Alfi Dinilhaq

Tag Terkait:

Bagikan Artikel: