Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
Indeks
About Us
Social Media

Mantap! BI Promosikan Produk UMKM Indonesia di Jepang

Mantap! BI Promosikan Produk UMKM Indonesia di Jepang Deputi Gubernur BI Dody Budi Waluyo di Jakarta, Jumat (7/2/2020). | Kredit Foto: Fajar Sulaiman
Warta Ekonomi, Jakarta -

Bank Indonesia (BI) bersama Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Tokyo terus mendukung upaya peningkatan kerja sama Indonesia dan Jepang, khususnya dalam promosi produk ekonomi kreatif Indonesia. Hal tersebut diwujudkan dengan diselenggarakannya “Malam Ekonomi Kreatif Indonesia" pada hari ini (25/6/2021) di Tokyo, Jepang.

Deputi Gubernur BI, Dody Budi Waluyo, dalam sambutannya secara virtual menyampaikan tiga keunggulan produk ekonomi kreatif Indonesia. Pertama, produk ekonomi kreatif Indonesia berdaya tahan.

"Hal ini karena jenis produk yang ditawarkan umumnya berbahan lokal dan sudah melalui standardisasi proses bisnis sehingga kontinuitas produksi berjalan lancar," ujar Dody.

Kedua, lanjut dia, harga produk yang terjangkau. Selain bahan baku yang berasal dari lokal, proses produksi dan biaya tenaga kerja yang relatif terjangkau menjadi faktor pendukung harga jual produk Indonesia yang bersaing bahkan bagi produk kelas premium sekalipun.

Baca Juga: BI Sumut Gelar Pelatihan Kelas Ekspor untuk UMKM Secara Virtual

Baca Juga: Program PEN Bangkitkan Geliat UMKM di Masa Pandemi

Baca Juga: Berdayakan UMKM, BI Kasih Bantuan kepada 3310 Warung Mikro

"Ketiga, produk yang dipasarkan sudah melalui proses kurasi yang ketat untuk menjamin kualitas sesuai dengan standar internasional," ungkapnya.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno, dalam kesempatan tersebut secara virtual menyampaikan pentingnya penguatan kolaborasi di sektor ekonomi kreatif guna mendukung percepatan ekonomi global.

"Kerja sama perdagangan antara Indonesia dan Jepang telah menghasilkan banyak pencapaian yang positif dan memberikan keuntungan yang berkelanjutan bagi kedua belah pihak," kata Sandiaga.

Jepang adalah negara tujuan ekspor untuk produk industri kreatif Indonesia yang tertinggi di kawasan, dan secara umum total perdagangan di antara kedua belah negara terus meningkat hingga triwulan I 2021 lalu dengan catatan pertumbuhan sebesar 1,87% (yoy). Hal tersebut merupakan pencapaian yang baik di tengah kondisi perlambatan permintaan di beberapa negara mitra lainnya karena situasi pandemi.

Dalam kegiatan Malam Ekonomi Kreatif juga dilakukan peresmian ruang promosi terpadu Indonesia, Jaipong (Japan-Indonesia Partnership LoungeShowcase Area, di atrium gedung KBRI Tokyo. Dalam ruang promosi tersebut ditampilkan produk-produk kain dan perhiasan (mutiara dan perak) dari UMKM binaan 46 Kantor Perwakilan BI.

Malam Ekonomi Kreatif Indonesia merupakan penutup dari rangkaian kegiatan Sayembara Desain Batik Indonesia–Jepang yang telah dimulai sejak 14 November 2020 hingga 21 April 2021 lalu, serta kegiatan Talk Show Industri Kreatif Batik yang bertujuan untuk mempromosikan batik sebagai budaya Indonesia kepada masyarakat di Jepang.

Selain mempromosikan produk-produk UMKM Indonesia di tataran global, kegiatan ini juga diharapkan semakin memperkuat kerja sama bilateral antara Indonesia dan Jepang serta memberikan banyak manfaat bagi kedua negara, khususnya di tengah masa pandemi, menuju kemakmuran yang lebih baik di masa depan.  

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Fajar Sulaiman
Editor: Fajar Sulaiman

Bagikan Artikel: