Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
Indeks
About Us
Social Media

WhatsApp Gandeng UKM Indonesia, Luncurkan Chatbot Pasar JuWAra

WhatsApp Gandeng UKM Indonesia, Luncurkan Chatbot Pasar JuWAra Kredit Foto: Rawpixel
Warta Ekonomi, Jakarta -

WhatsApp dan UKM Indonesia hari ini meluncurkan direktori "Pasar JuWAra", chatbot WhatsApp berbasis API yang mempermudah konsumen untuk berbelanja langsung dari pedagang pasar tradisional terdekat melalui WhatsApp.

Program "Pasar JuWAra" dimulai sejak bulan April lalu. Kini, 1.130 pedagang dari 66 pasar di 25 kota Indonesia telah menjalani pelatihan WhatsApp Business dan mulai berdagang via WhatsApp. Manajer Kebijakan Publik WhatsApp Indonesia Esther Samboh dalam rilis perusahaan, Rabu (30/6/2021), mengaku sangat senang dapat meluncurkan chatbot direktori berbasis API sebagai kelanjutan dari rangkaian program "Pasar JuWAra" untuk memastikan upaya digitalisasi UMKM tidak hanya berhenti di pelatihan WhatsApp Business dan pameran virtual saja.

Baca Juga: Mark Zuckerberg Cerdasnya Bukan Main, WhatsApp Bakal Bisa Belanja Online!

"Ke depannya, kami berencana untuk mendaftarkan lebih banyak pedagang ke chatbot tersebut untuk terus menghubungkan para pedagang dengan jutaan konsumen di Indonesia melalui WhatsApp. Kami harap makin banyak masyarakat dapat menggunakan chatbot ini untuk berbelanja di kios pasar tradisional favorit mereka melalui WhatsApp," jelas Esther Samboh melanjutkan.

Dengan adanya pandemi yang berakibat pada turunnya omzet pedagang pasar tradisional hingga hampir 40%, "Pasar JuWAra" memungkinkan mereka untuk meningkatkan penjualan secara daring, ketimbang bergantung pada kedatangan pembeli ke pasar.

"Saya hampir tidak pernah kedatangan pelanggan di pasar karena pandemi sehingga sangat berimbas ke pendapatan saya. Namun, semua orang yang saya kenal menggunakan WhatsApp, jadi masuk akal untuk mencoba berjualan di WhatsApp," kata Sriyani Wulan, pedagang di Pasar Baru Mojokerto.

Untuk mencari vendor terdekat melalui chatbot, pelanggan hanya perlu menyimpan nomor 087775313357 atau klik tautan wa.me/6287775313357 di WhatsApp dan menyapa "hai". Konsumen kemudian akan diminta untuk memilih kategori produk dan membagikan lokasi untuk dapat melihat daftar pedagang paling relevan serta nomor WhatsApp Business mereka.

Kementerian Koperasi dan UKM RI telah mengakui WhatsApp sebagai mitra strategis untuk memberdayakan dan membantu UMKM go digital melalui program ini. WhatsApp juga berkomitmen akan terus mendukung upaya pemerintah mendigitalisasi UMKM di seluruh Indonesia.

"UMKM adalah tulang punggung perekonomian kita dan salah satu sektor paling terdampak oleh pandemi. Oleh karena itu, kita perlu bekerja sama untuk membantu usaha-usaha ini tetap bertahan dan berkembang, salah satunya dengan program 'Pasar JuWAra' yang diinisiasi oleh WhatsApp dan UKM Indonesia. Program ini menciptakan peluang berharga bagi pedagang-pedagang di pasar untuk menjangkau jutaan pengguna WhatsApp di Indonesia," kata Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki.

Sepanjang Bulan Mei, WhatsApp bekerja sama dengan UKM Indonesia untuk mendorong masyarakat berbelanja dari pedagang pasar tradisional melalui WhatsApp dan membantu perekonomian Indonesia.

Fasilitator lokal melatih dan mendampingi para pedagang agar dapat menyiapkan akun WhatsApp Business mereka. Tidak hanya itu, WhatsApp juga terus memantau perkembangan para pedagang, di antaranya dengan melakukan survei secara reguler.

WhatsApp dan UKM Indonesia juga mengadakan pameran virtual di akun Instagram UKM Indonesia. Setiap minggunya, laman tersebut menampilkan peserta terbaik dari Jakarta, Yogyakarta, Bali, dan Padang.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Bernadinus Adi Pramudita
Editor: Puri Mei Setyaningrum

Bagikan Artikel: