Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Vaksin Kerek ICP Jadi US$70,23 per Barel di Juni

Vaksin Kerek ICP Jadi US$70,23 per Barel di Juni Kredit Foto: Reuters/Amit Dave
Warta Ekonomi, Jakarta -

Harga rata-rata minyak mentah Indonesia (ICP) pada Juni 2021 mencapai US$70,23 per barel. Tim Harga Minyak Indonesia menyatakan, berdasarkan formula ICP, harga tersebut naik US$4,74 per barel dari US$65,49 per barel pada bulan sebelumnya.

Kenaikan juga dialami ICP Sumatra Light Crude (SLC) sebesar US$4,57 per barel dari US$66,25 per barel menjadi US$70,82 per barel pada Juni 2021. Tim Harga Minyak Mentah Indonesia mengungkapkan, kenaikan harga rata-rata ICP pada Juni 2021 sejalan dengan perkembangan harga rata-rata minyak mentah utama di  pasar internasional.

Baca Juga: Aktivitas Ekonomi Global Membaik, ICP Mei Menguat

"Perbaikan aktivitas ekonomi dunia hasil dari percepatan program vaksinasi Covid-19 mendorong peningkatan harga minyak utama di pasar internasional selama Juni 2021," tulis Tim Harga Minyak Indonesia yang dikutip Warta Ekonomi, Selasa (6/7/2021).

Kenaikan ICP juga disebabkan menguatnya fundamental pasar minyak mentah yang ditandai dengan peningkatan permintaan minyak mentah di AS, China, dan Eropa, serta perbaikan aktivitas ekonomi dunia hasil dari percepatan program vaksinasi Covid-19.

"Presiden Iran terpilih, yang lebih konservatif, menimbulkan potensi tidak tercapainya kesepakatan atas perjanjian nuklir AS-Iran dan berujung pada tidak terlaksananya rencana penghapusan sanksi kepada Iran serta rencana ekspor minyak mentah Iran," lanjut Tim Harga.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Boyke P. Siregar
Editor: Puri Mei Setyaningrum

Bagikan Artikel: