Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Apa Itu Reputation Marketing?

Apa Itu Reputation Marketing? Kredit Foto: Unsplash/Campaign Creators
Warta Ekonomi, Jakarta -

Reputation marketing merupakan bentuk promosi, monitoring, dan perolehan reputasi konten yang positif dari berbagai sumber, seperti ulasan, komentar media sosial, forum online, dan pers. Ini merupakan strategi yang digunakan untuk lebih memahami apa yang dikatakan tentang Anda atau perusahaan Anda di dunia online, dan menggunakan pemahaman tersebut untuk meningkatkan brand dan reputasi online Anda secara keseluruhan.

Meskipun ada banyak kesamaan dengan reputation management, reputation marketing  cenderung lebih berfokus dalam mempromosikan konten positif dengan tujuan untuk meningkatkan citra brand dan tentu saja penjualannya. Reputation management juga melakukan hal ini, tetapi hanya menjadi salah satu aspek di bawah payung besar layanan manajemen lainnya.

Baca Juga: Apa Itu Media Relations?

Reputasi Anda bisa menjadi pembeda utama di pasar yang kompetitif. Upaya reputation marketing yang Anda lakukan dapat membantu bisnis Anda lebih mencolok ketimbang yang lain. Pada kesempatan ini kita akan membahas apa itu reputation marketing, apa manfaatnya bagi bisnis Anda, dan bagaimana cara Anda dapat mengembangkan strategi pemasaran ini.

Mengenal Reputation Marketing

Reputation marketing mempromosikan konten positif dari pihak ketiga, seperti ulasan online, postingan media sosial, forum online, dan pers  untuk meningkatkan reputasi Anda di dunia maya. Ini menggabungkan elemen reputation management dengan brand building untuk menghasilkan lebih banyak peluang positif dan secara efektif menciptakan garis pertahanan terhadap konten negatif.

Banyak bisnis yang tidak memikirkan reputation management sampai akhirnya mereka berurusan dengan masuknya berita negatif, ulasan buruk, atau konten online yang merusak citranya. Reputation marketing memberikan kesempatan untuk membangun otoritas dan reputasi brand Anda sebelum berada dalam situasi krisis.

Manfaat Reputation Marketing Bagi Bisnis

1. Tinjauan dan peringkat yang semakin ditingkatkan: Pantau ulasan dan peringkat dengan cermat untuk memastikan bahwa ulasan dan peringkat tersebut memberikan gambaran terbaik tentang brand Anda. Meskipun benar bahwa Anda tidak dapat mengontrol ulasan online secara langsung, Anda dapat menyusunnya dari waktu ke waktu. 

2. Pembuatan halaman Wikipedia: Pengembangan sebuah brand dapat meningkatkan reputasi perusahaan Anda, yang akan meningkatkan peluang Anda untuk mendapatkan halaman Wikipedia. Tidak semua brand bisa mendapatkannya, tetapi dengan membangun brand Anda dapat membuatnya lebih mudah untuk mengembangkan halaman di kemudian hari ketika waktunya tepat.

3. Pengembangan Google Knowledge Panel: Panel ini akan muncul di sisi kanan layar Anda di hasil pencarian desktop. Ini mencakup data yang diambil oleh Google tentang Anda atau bisnis Anda. Apakah istilah penelusuran Anda akan mendapatkan Knowledge Panel atau tidak bergantung pada otoritas yang dimiliki brand Anda, serta jumlah data terstruktur di situs Anda. Menghasilkan Knowledge Panel menjadi aset bisnis yang sangat besar dan dapat sangat meningkatkan jumlah klik ke situs web Anda.

4. Pengembangan Google My Business: Setiap bisnis harus menyiapkan akun Google My Business. Alat ini gratis untuk diakses dan membuka kesempatan bagi Anda untuk dapat terhubung dengan pelanggan dan membangun brand Anda sendiri. Dengan mengoptimalkan profil bisnis Anda, maka Anda dapat membuat brand yang lebih mencolok dari pesaing lain di hasil pencarian.

5. SEO Situs Web: Meningkatkan kinerja situs web Anda dalam hasil mesin pencarian adalah tujuan utama dari Search Engine Optimization. Mesin pencarian seperti Google dapat menentukan sebuah halaman situs sebagai tolak ukur untuk setiap penggunaan kata kunci, sehingga situs tersebut akan mendapatkan lebih banyak perhatian di setiap halamannya.

6. SEO Lokal: SEO Lokal adalah kunci bagi bisnis untuk secara langsung menargetkan komunitas yang mereka layani. Dengan berfokus pada SEO lokal, Anda dapat meningkatkan visibilitas pencarian untuk toko fisik Anda.

7. Memiliki persentase hasil pencarian yang lebih tinggi: Semua pekerjaan yang dituangkan dalam membangun brand akan memungkinkan Anda memiliki persentase hasil yang lebih tinggi. Saat seseorang menelusuri nama perusahaan, bisnis, atau brand Anda, mereka akan melihat semua konten positif Anda yang ada di bagian atas hasil mesin pencarian.

Cara Membuat Strategi Reputation Marketing Untuk Bisnis Anda

Strategi reputation marketing yang dibangun dengan baik dapat membantu bisnis Anda lebih mencolok dalam hasil pencarian sekaligus meningkatkan brand recognition. Strategi Anda harus disesuaikan dengan kebutuhan dan tujuan bisnis Anda yang unik, tetapi ada beberapa komponen inti yang harus dimiliki setiap kampanye pemasaran reputasi. Berikut adalah beberapa tips untuk membantu Anda dalam membuat reputation marketing sendiri.

1. Kecerdasan kompetitif: Langkah pertama adalah melihat dengan baik keadaan brand Anda saat ini. Luangkan waktu untuk merasakan denyut nadi perusahaan Anda. Apakah visi yang dibuat untuk brand Anda telah diterjemahkan ke dalam perasaan konsumen? Apakah ulasan dan hasil pencarian Anda positif atau negatif? Juga pertimbangkan untuk meneliti kompetitor Anda untuk melihat bagaimana mereka mengidentifikasi pelanggan mereka. Ini dapat memberi Anda ide untuk melakukan perbaikan atau hal-hal yang harus dihindari.

2. Komponen online untuk ditingkatkan: Setelah Anda menargetkan area bisnis mana yang paling membutuhkan pekerjaan lebih, Anda dapat mengarahkan fokus Anda untuk memberikan dampak paling besar. Berikut adalah beberapa area yang bisa Anda pertimbangkan:

  • Artikel
  • Ulasan
  • Peringkat
  • Wikipedia
  • Business listings
  • SEO

Pemantauan dan peningkatan Merek-merek terbaik secara konsisten memantau reputasi mereka untuk memastikan segala sesuatunya masih berjalan dengan baik. Jika Anda melakukan pekerjaan dengan baik dalam memantau brand Anda, makan Anda akan dapat mengambil tindakan dengan cepat setiap kali ulasan atau komentar negatif muncul.

Penulis: Patrick Trusto Jati Wibowo
Editor: Alfi Dinilhaq

Bagikan Artikel:

Video Pilihan