Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
Indeks
About Us
Social Media

Sambut Ultah ke-12, Tokopedia Kuatkan Inisiatif Hyperlocal Demi Dukung UMKM Indonesia

Sambut Ultah ke-12, Tokopedia Kuatkan Inisiatif Hyperlocal Demi Dukung UMKM Indonesia Pekerja membawa kemasan paket dari Tokopedia di Titipaja Warehouse, Jakarta, Jumat (28/5/2021). Kementerian Koperasi dan UKM menyatakan kolaborasi bisnis yang dilakukan oleh dua startup raksasa Gojek dan Tokopedia, melalui pembentukan GoTo diharapkan mampu menciptakan integrasi layanan yang semakin efisien dan mempercepat penguatan bisnis di sektor UMKM. | Kredit Foto: Antara/M Agung Rajasa
Warta Ekonomi, Jakarta -

Dalam rangka menyambut HUT ke-12 Tokopedia yang bertepatan dengan Hari Kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus mendatang, Tokopedia menguatkan inisiatif Hyperlocal yang telah diluncurkan sejak pertengahan 2020 lalu untuk mendukung UMKM lokal mengembangkan usaha dan meningkatkan daya saing bisnis melalui teknologi.

"Pemerataan ekonomi secara digital di Indonesia sebagai misi besar Tokopedia hanya bisa terwujud jika masyarakat dari seluruh penjuru punya kesempatan sama dalam menemukan berbagai produk kebutuhan dengan mudah hingga menciptakan peluang usaha, bahkan di tengah pandemi. Ini yang melatarbelakangi kehadiran inisiatif Hyperlocal yang akan terus diusung di usia baru Tokopedia," kata Senior Lead Regional Growth Expansion (RGX) Tokopedia Ivander Wijaya secara virtual, Kamis (5/8/2021).

Baca Juga: Tokopedia Bagikan 5 Tahapan Penting yang Perlu Dilakukan Seorang Desainer Produk

Inisiatif Hyperlocal Tokopedia dalam mempercepat digitalisasi UMKM lokal salah satunya diwujudkan melalui kampanye Kumpulan Toko Pilihan (KTP). Salah seorang pelaku usaha asal Palembang, Rita Damayanti, mengaku penjualannya di Warung Bu Neneng meningkat sebanyak 3 kali lipat dengan omzet mencapai 30% berkat kampanye KTP.

Selain KTP, Tokopedia juga memiliki program rutin yang diadakan setiap akhir bulan yaitu Waktu Indonesia Belanja (WIB). Pemilik Sniff sniff Jakarta Daniel Christian mengatakan, "Sejak mengikuti WIB, penjualan harian kami meningkat hingga 2 kali lipat. Bahkan selama PPKM berlangsung, omzet bisa mencapai puluhan juta."

Tokopedia juga berkolaborasi dengan pemerintah dalam upaya mengembangkan layanannya terhadap pegiat usaha maupun masyarakat.

Untuk pegiat usaha, Tokopedia bersama dengan pemerintah pusat dan daerah telah menghadirkan inisiatif Digitalisasi Pasar untuk mendukung para pedagang pasar memanfaatkan teknologi agar mereka tetap bisa beradaptasi di tengah situasi pandemi. Inisiatif Digitalisasi Pasar telah mencakup pasar di wilayah Tangerang, Bandung, Yogyakarta, Makassar, Kab. Bandung, hingga Tasikmalaya.

Sementara untuk masyarakat, Tokopedia berkolaborasi dengan Kemenkeu RI dan pemerintah daerah menyediakan layanan transaksi perpajakan melalui platform Tokopedia. "Melalui kolaborasi ini, masyarakat bisa membayar PBB online, E-Samsat, hingga lebih dari 900 jenis penerimaan negara lainnya dari genggaman tangan," ungkap Kepala Divisi Kebijakan Publik dan Hubungan Pemerintah Tokopedia Emmiryzan.

Turunan inisiatif Hyperlocal lainnya yang diperuntukkan untuk memudahkan masyarakat adalah TokoMart. TokoMart mengusung teknologi geo-tagging yang memungkinkan masyarakat mengakses produk kebutuhan sehari-hari dari penjual terdekat sehingga berbelanja bisa lebih efisien. Hingga saat ini, TokoMart sudah tersedia di Jabodetabek, Bandung, Semarang, Medan, hingga Surabaya dan akant erus merambah ke kota-kota lainnya.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Imamatul Silfia
Editor: Alfi Dinilhaq

Tag Terkait:

Bagikan Artikel: