Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Achmad Zaky: Startup Itu seperti Anak, Butuh Keterikatan yang Dalam hingga Tercipta...

Achmad Zaky: Startup Itu seperti Anak, Butuh Keterikatan yang Dalam hingga Tercipta... Kredit Foto: Instagram/Achmad Zaky
Warta Ekonomi, Jakarta -

Pendiri Bukalapak, Achmad Zaky membagikan cara mengeksekusi ide dasar pembuatan startup. Zaky menuturkan hal pertama yang perlu dilakukan adalah mengukur dan kembangkan pasar. Ini karena membuat startup sangat sulit dan membutuhkan insentif finansial serta niche yang tepat.

Zaky menuturkan, jika salah satu pemuda Indonesia menciptakan startup booking lapangan baseball, maka tak akan laku. Karena itulah target membuat startup adalah mendapatkan pasar yang besar seperti Bukalapak yang pasarnya seluruh Indonesia.

Melebarkan pasar dalam startup sangat penting dan krusial. Karena, ini akan menentukan pertumbuhan startup yang panjang.

Baca Juga: Achmad Zaky: Sepuluh Tahun Lalu Saya Sama Seperti Anak Muda Kebanyakan, Naif & Tak Punya Pengalaman

"Jangan sampai nanti baru setahun market-nya sudah mentok, eh gak semangat," ujar Zaky dalam acara di kanal YouTube Kewirausahaan Sosial berjudul "Membuat Ide Startup Yang Sukses | Achmad Zaky".

Setelah itu, startup harus unik dan sulit ditiru serta harus 10 kali lipat lebih baik dari industri masa kini. Zaky menuturkan, seorang founder startup harus bisa menganggap perusahaannya sebagai 'anak' karena keterikatan yang sangat dalam.

"Ini menciptakan energi dan passion selain insentif finansial, insentif hubungan emosional juga sangat penting. Ini salah satu faktor yang menentukan keberhasilan sebuah startup," ujar Zaky.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Fajria Anindya Utami
Editor: Fajria Anindya Utami

Bagikan Artikel: