Pendiri Bukalapak, Achmad Zaky membeberkan caranya mengelola Sumber Daya Manusia (SDM) dalam berwirausaha melalui kanal YouTube Bukalapak. Zaky pun membagi caranya mengelola SDM menjadi tiga bagian, yaitu proses rekrutmen, pengembangan karyawan dan menjaganya. Ini selengkapnya!
1. Rekrutmen
Saat baru mendirikan Bukalapak, Zaky tidak memiliki karyawan. Semua ia kerjakan sendiri, hingga akhirnya terpikirlah untuk memiliki partner. Namun, proses memiliki partner tidak mudah. Tetapi ini lebih baik karena bisa sama-sama membagi tugas, dan membagi rezeki jika mendapatkan keuntungan.
Baca Juga: Salut! Achmad Zaky Bakal Jadi Angel Investor Usai Pensiun dari Bukalapak
Hal pertama yang harus dipastikan saat memiliki partner adalah kecocokan. Jika tidak cocok dan banyak berdebat, justru menjadi awal kehancuran. Namun, perdebatan yang sehat, justru akan membuat keduanya berkembang, mau mengakui kesalahan, dan saling memperbaiki diri. Inilah kemistri yang baik dimiliki untuk dijadikan partner.
Setelah itu, pilihlah karena keahlian dan kompetensi bukan hanya karena teman lama. Lalu, partner juga harus saling melengkapi. Jangan mencari partner yang memiliki keahlian yang sama, karena hanya akan beradu kepintaran.
Tips merekrut karyawan ala Zaky adalah pertama lihatlah karakternya. Pintar tidak cukup untuk membangun sebuah tim jika sombong dan pelit ilmu. Karakter yang jujur adalah fondasi penting untuk membangun sebuah tim.
"Kalau matematika dan bahasa Inggris bisa diajarin, yang susah ini karakter karena bawaan dari kecil, didikan orang tua, didikan lingkungan, juju, proaktif, itu satu paket karakter," ujar Zaky. Setelah karakter, barulah keahlian. Lalu pastikan keahlian tersebut melengkapi apa yang tidak kita miliki.
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Penulis: Fajria Anindya Utami
Editor: Fajria Anindya Utami
Tag Terkait: