Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Achmad Zaky Buka-bukaan Cara Membangun Startup, tapi Hati-Hati! Karena...

Achmad Zaky Buka-bukaan Cara Membangun Startup, tapi Hati-Hati! Karena... Kredit Foto: Instagram/Achmad Zaky
Warta Ekonomi, Jakarta -

Pendiri Bukalapak, Achmad Zaky telah menyibukkan diri membagi ilmu kepada para calon pendiri startup. Selain itu, Zaky juga menjadi angel investor bagi siapapun yang memiliki ide brilian untuk mendirikan startup.

Menurut Zaky, tujuan dari terciptanya startup adalah untuk mendisrupsi industri. Disrupsi biasanya akan mengubah industri yang sudah ada menjadi teknologi baru. Karena itulah startup memiliki risiko tinggi dengan kemungkinan gagal yang juga tinggi.

"Tingkat kegagalan startup lebih tinggi dari bisnis yang biasanya," ujar Zaky.

Baca Juga: Cerdas! Pendiri Bukalapak Achmad Zaky: Indonesia Perlu Ekosistem yang Berani Gagal

Namun, pertumbuhan startup juga sangat tinggi sebagai 'hadiah' dari high risk sebelumnya. Biasanya, startup memiliki pertumbuhan 3-5 kali lipat setiap tahunnya dan menggunakan teknologi terbaru serta inovasi yang mutakhir. Karena itulah, startup, biasanya dan seharusnya, susah ditiru oleh pesaing.

"Makin sedikit pemain, dan makin susah dicopy, itu semakin berharga startup kalian," tandas Zaky dalam acara 'Founders' Meetup: Super Mentor Session with Achmad Zaky' di laman YouTube Innovative Academy.

Untuk mendirikan sebuah startup, pastikan produk yang diciptakan sesuai keinginan pasar dengan memenuhi product market fit. Caranya yakni membuat produk viral, dikunjungi banyak pelanggan, memiliki pelanggan setia, biaya yang murah serta pertumbuhan yang organik tanpa membayar iklan ke Facebook atau Instagram.

Halaman:

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Fajria Anindya Utami
Editor: Fajria Anindya Utami

Bagikan Artikel: