Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Tegas Taiwan Ogah di Bawah Kaki China, tapi Enggan Terlibat Adu Kekuatan Militer

Tegas Taiwan Ogah di Bawah Kaki China, tapi Enggan Terlibat Adu Kekuatan Militer Kredit Foto: CNN
Warta Ekonomi, Taipei -

Taiwan tidak berusaha untuk terlibat dalam perlombaan senjata dengan China tetapi perlu mempertahankan diri dan tidak tunduk pada tekanan.

Pernyataan itu dikeluarkan kementerian pertahanan negara itu dalam sebuah laporan kepada parlemen pada hari Rabu (27/10/20210)

Baca Juga: Anak Buah Biden Desak Semua Negara Anggota PBB Mendukung Taiwan, Ternyata Eh Ternyata...

Ketegangan antara Taiwan dan China, yang mengeklaim pulau yang diperintah secara demokratis itu sebagai wilayahnya sendiri, telah meningkat selama setahun terakhir.

Hel tersebut ditandai dengan manuver Beijing meningkatkan tekanan militer dan politiknya untuk memaksa Taipei menerima kedaulatan China.

Itu termasuk misi berulang oleh pesawat tempur China di zona identifikasi pertahanan udara Taiwan, atau ADIZ, yang mencakup area yang lebih luas daripada wilayah udara teritorial Taiwan.

China berada di tengah program modernisasi militer, membangun kapal induk baru dan pesawat tempur siluman. Sementara Taiwan juga meningkatkan pengeluaran militer, terutama untuk mengembangkan rudal dan kapal selam baru.

Dalam laporannya kepada parlemen, Kementerian Pertahanan Taiwan menggambarkan situasi di Selat Taiwan yang memisahkannya dari tetangga raksasanya sebagai "parah dan tidak stabil".

Taiwan juga menyebut tindakan militer China sebagai "provokasi".

Baca Juga: Terbongkar! Rocky Gerung Sebut Jokowi Pemain Politik Ulung, Bahkan Prabowo Subianto Dijadikan...

Halaman:

Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan GenPI. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab GenPI.

Editor: Muhammad Syahrianto

Advertisement

Bagikan Artikel: