Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Golongan Darah A Lebih Berisiko Terkena Kanker Lambung, Kok Bisa? Ternyata...

Golongan Darah A Lebih Berisiko Terkena Kanker Lambung, Kok Bisa? Ternyata... Kredit Foto: Pexels/Andrea Piacquadio
Warta Ekonomi, Jakarta -

Apakah kamu bergolongan darah A? Jika, iya maka kamu harus mengetahui bahwa ada beberapa makanan yang bisa menyebabkan kamu terkena kanker lambung lho. Apakah kamu bergolongan darah A?

Baca Juga: Sering Gak Sadar, 3 Kebiasaan Sehari-hari Ini Justru Bisa Sebabkan Diabetes Makin Parah

Dilansir dari berbagai sumber, Rabu (3/11/2021), ternyata ahli menyebut bahwa pemilik golongan darah A bisa bersiko tinggi terkena kanker lambung.

Kanker memang menjadi salah satu penyakit yang menakutkan bagi banyak orang. Hal ini karena risikonya yang sangat tinggi sampai bisa menyebabkan kematian.

Apalagi sampai saat ini masih belum ditemukan penyebab utama penyakit kanker pada manusia.

Golongan Darah A Rentan Terkena Kanker Lambung

American Cancer Society menyatakan bahwa seseorang dengan golongan darah A lebih rentan terkena kanker lambung dibandingkan dengan golongan darah lainnya.

Weijing Sun, MD, Asisten Profesor Kedokteran di Universitas Pennsylvania, Direktur Upper GI Pancreatic-biliary-hepatic Cancer Group dan the Associate Director of the GI Cancer Program menyatakan hal serupa.

Baca Juga: Khasiatnya Dahsyat! Campuran Serai dan Jahe Bikin Kolesterol hingga Diabetes Ambrol

Namun, angka kejadiannya lebih spesifik pada kanker lambung distal daripada kanker lambung proksimal. Kanker lambung distal terjadi di lambung bagian bawah, sedangkan kanker lambung proksimal terletak di area atas lambung. Namun, mekanisme maupun alasannya belum diketahui.

Hal itu bisa terjadi juga karena faktor lain, misalnya karena beberapa molekul tertentu. Hal yang harus diperhatikan, golongan darah A hanya sekedar faktor risiko saja. Bukan berarti golongan darah lain tidak berisiko. 

Berbagai faktor lainnya bisa saja memengaruhi seseorang terkena kanker lambung.

Oleh karena itu, berbagai pencegahan sebaiknya juga dilakukan tak hanya bagi seseorang dengan golongan darah A saja, melainkan oleh setiap orang.

Gaya Hidup yang Memengaruhi Kanker Lambung

Beberapa gaya hidup yang juga dikaitkan dengan faktor risiko kanker lambung, antara lain:

Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan HerStory. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab HerStory.

Editor: Bayu Muhardianto

Bagikan Artikel:

Video Pilihan