Apa Benar Jambu Air Bermanfaat untuk Masalah Diabetes? Ternyata Oh Ternyata…

Apa Benar Jambu Air Bermanfaat untuk Masalah Diabetes? Ternyata Oh Ternyata… Kredit Foto: Pexels/PhotoMIX Company

Indonesia termasuk negara yang cukup banyak menghasilkan rempah ataupun tanaman yang bisa jadi alternatif penanganan masalah penyakit kronis semisal diabetes.

Banyak klaim herbal berupa rempah atau tanaman dan tumbuhan yang mengatakan bisa menjadi bagian dari perawatan penyakit.

Baca Juga: Penting! Apakah Konsumsi Kacang Hijau Bagus untuk Penderita Diabetes? Duh…

Diabetes adalah kondisi kesehatan kronis yang merujuk pada insulin yang tidak dapat lagi bekerja sebagai mana mestinya sehingga gula yang seharusnya menjadi energi malah menumpuk dan menimbulkan berbagai macam masalah.

Banyak herbal ataupun buah dikaitkan dengan masalah diabetes ini. Kaitan ini berkenaan dengan dampak baik atau buruknya terhadap kondisi diabetes seseorang.

Hal ini berdasar fakta bahwa tidak semua makanan atau asupan dalam hal ini termasuk herbal, buah-buahan, dan sayuran yang sehat juga cocok pada penderita diabetes. Ada di antara hal tersebut meski tergolong sehat tetapi tidak terlalu “ramah” terhadap diabetes karena berpotensi mengakibatkan lonjakkan gula darah.

Jambu air atau dalam bahasa inggris disebut sebagai Apple Water adalah salah satu buah yang cukup dikenal oleh masyarakat Indonesia. Buah ini juga hampir disukai oleh semua kalangan karena rasa khas yang buat sensasi menyegarkan.

Baca Juga: Bukan Asal Cek, Ini Segudang Manfaat Melakukan Skrining Diabetes! Risiko Komplikasi Akan…

Jambu air pun diketahui mempunyai beberapa manfaat kesehatan yang terkandung di dalamnya, lantas apakah jambu air juga bermanfaat untuk masalah diabetes?

Mengutip laman netmeds.com, jambu air memiliki sifat antihiperglikemik yang kuat, yang berarti mereka menurunkan kadar gula darah pada pasien diabetes. Dengan nilai beban glikemik rendah hanya 2, mereka membantu secara bertahap memproses gula dalam makanan yang masuk ke dalam tubuh dan karenanya memantau kadar glukosa darah menjadi sangat tinggi.

Jambosine adalah alkaloid kristal bioaktif yang ada dalam apel air yang menunda konversi pati menjadi gula sehingga mengatur kadar gula, terutama pada pasien diabetes.

Oleh karena itu, apel air dapat dikonsumsi dalam jumlah sedang oleh penderita diabetes. Namun yang perlu diingat adalah moderasi jumlah asupan berperan besar dalam usaha mendapatkan manfaat kesehatan.

Kunjungi dokter atau tenaga kesehatan jika Anda memiliki penyakit bawaan terlebih dahulu sebelum memutuskan mengonsumsi jambu air sebagai bagian diet sehat Anda.

Baca Juga: Nggak Suka Sayuran Hijau? Duh... Rugi Banget! Manfaatnya Bisa Cegah Risiko Penyakit Ganas Ini

Investasi terbaik ialah investasi leher ke atas. Yuk, tingkatkan kemampuan dan keterampilan diri Anda dengan mengikuti kelas-kelas di WE Academy. Daftar di sini.

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini