Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Penting! Ternyata Ini Hubungan Antara Sakit Kepala dan Tekanan Darah Tinggi

Penting! Ternyata Ini Hubungan Antara Sakit Kepala dan Tekanan Darah Tinggi Kredit Foto: Unsplash/Usman Yousaf
Warta Ekonomi, Jakarta -

Tekanan darah tinggi hanya bisa diketahui melalui pemeriksaan. Namun, beberapa orang mengaku mengalami gejala hipertensi yang menganggu aktivitas mereka, salah satunya sakit kepala atau migrain.

Ada banyak penelitian tentang korelasi antara tekanan darah tinggi dengan sakit kepala atau migrain, tetapi tidak banyak yang memberi kesimpulan pasti, lapor Asia One

Baca Juga: Penting! Apakah Konsumsi Kacang Hijau Bagus untuk Penderita Diabetes? Duh…

Sakit kepala terkait tekanan darah digambarkan penderitanya seperti mengalami nyeri berdebar, kencang, atau sakit berdenyut.

Lalu jika sakit kepala terjadi saat tekanan darah sangat tinggi biasanya orang-orang mengatakan mereka merasakan gejala tambahan lainnya, seperti kebingungan, mual, nyeri dada, dan perasaan cemas atau panik.

Kebanyakan orang yang menderita sakit kepala atau migrain tidak mengalami perubahan dalam tingkat tekanan darah.

Selain itu, orang-orang dengan tekanan darah tinggi tidak mengalami migrain yang berkorelasi dengan tekanan darah mereka secara terus-menerus.

Baca Juga: Ternyata Dampak Diabetes pada Pria dan Wanita Berbeda! Diabetes pada Pria Berdampak...

Sementara itu, ada juga studi yang menunjukkan bahwa migrain agak berkaitan dengan rendahnya tekanan darah sistolik serta tingginya tekanan distolik.

Tekanan darah sistolik merupakan tekanan tinggi saat jantung berada pada bagian terkuat dari kontraksinya. Sementara itu, tekanan diastolik adalah tekanan pada titik detak jantung rileks.

Faktanya, beberapa studi lain menemukan hubungan antara migran dan tekanan darah rendah.

Migrain juga tampaknya lebih sering terjadi pada orang yang memiliki tekanan darah tinggi kronis yang tidak dikotrol dengan baik.

Sakit kepala bisa terasa sangat parah. Tetapi secara umum orang-orang menggambarkan rasa sakit migrain lebih menyiksa daripada sakit kepala.

Baca Juga: Memang Bikin Menggigil Sih... tetapi Mandi Air Dingin Bisa Mengurangi Risiko Diabetes! Kok Bisa?

Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Suara.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Suara.com.

Editor: Bayu Muhardianto

Bagikan Artikel:

Video Pilihan