Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
Indeks
About Us
Social Media

Street Smart Society Ajak Kaum Muda Berwirausaha

Street Smart Society Ajak Kaum Muda Berwirausaha Kredit Foto: Boyke Siregar
Warta Ekonomi, Jakarta -

Street Smart Society, sebuah lembaga nonprofit yang didirikan oleh siswa-siswi SMA dari Jakarta, sukses menyelenggarakan live event Street Smart Society Business Case Competition (S3BCC), kompetisi bisnis dan kewirausahaan, pada 7 November 2021.

Live event ini diikuti lebih dari 90 peserta lokal dan mancanegara yang berkompetisi secara daring melalui Zoom. Sejumlah siswa sekolah menengah dan mahasiswa mengutarakan ide mereka dalam menciptakan bisnis dengan tujuan sosial kepada panel juri yang berpengalaman dalam bidang kewirausahaan.

Mengusung tema ‘Working towards achieving the UN Sustainable Development Goals (“UN SDGs”)’, atau ‘Bekerja menuju pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan PBB’, S3BCC berfokus kepada agenda yang ditetapkan oleh PBB untuk mengatasi isu global seperti kesenjangan sosial, perubahan iklim, dan lain sebagainya.

Para peserta kompetisi yang berusia 11 hingga 19 tahun ditugaskan untuk mengembangkan konsep usaha sosial yang berfokus pada setidaknya satu dari 17 UN SDGs.

Lalu lebih dari 25 tim dan 80 peserta, baik dari Indonesia maupun mancanegara, mempresentasikan ide bisnis mereka untuk mengatasi berbagai macam isu sosial, mulai dari pekerjaan layak dan pertumbuhan ekonomi hingga kelestarian lingkungan.

“Kompetisi bisnis ini awalnya diadakan sebagai inisiatif penggalangan dana untuk mendukung program amal Street Smart Society, namun dalam perjalanannya kami melihat peluang untuk mendorong rekan-rekan seusia kami untuk meningkatkan kesejahteraan dalam masyarakat melalui usaha sosial, terutama dalam mengatasi dampak ekonomi akibat pendemi Covid,” kata siswa SMA dari National High Jakarta School yang juga menjabat sebagai Pendiri dan Ketua (Founder & President) Street Smart Society. Vanessa Jaya.

“Kami berharap para peserta dapat membangun minat untuk kewirausahaan sosial melalui acara kami, dan mengembangkan ide-ide kreatif yang mereka ajukan dalam kompetisi ini untuk menjadi usaha sosial yang nyata.”

Dalam live event tersebut, finalis dari Kategori Junior dan Umum yang dipilih berdasarkan rencana bisnis bertujuan sosial memberikan presentasi langsung kepada panel juri, yang terdiri dari CEO Indonesia Maju Finansial Merry Huseng, CEO Katalisator Bisnis Indonesia Susilo Tedjaputera, dan CIO Jagartha Advisors Erik Argasetya.

Hasilnya dua kelompok dinyatakan sebagai juara. Antheia oleh Tim We Aspire Indonesia memenangkan Kategori Umum dengan usaha mereka menjual pembalut wanita yang dapat digunakan kembali dan biodegradable atau mudah terurai.

Dalam Kategori Junior, TreeVenture oleh 3Trees muncul sebagai pemenang dengan ide aplikasi mereka yang bertujuan untuk mendorong pengguna untuk menanam pohon melalui permainan.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Boyke P. Siregar
Editor: Boyke P. Siregar

Tag Terkait:

Bagikan Artikel: