United Bike dan IKM Alat Angkut Teken MoU, Tambah Presentase TKDN dan Dukung Industri Besar Sepeda

United Bike dan IKM Alat Angkut Teken MoU, Tambah Presentase TKDN dan Dukung Industri Besar Sepeda Kredit Foto: Alfi Dinilhaq

PT. Terang Dunia Internusa (United Bike) dengan IKM (Industri Kecil & Menengah) Alat Angkut menjalin kemitraan untuk saling mendukung antara industri sepeda besar dan IKM penyedia spare part dan aksesoris untuk sepeda.

Kemitraan antara PT. Terang Dunia Internusa (United Bike) dengan IKM (Industri Kecil & Menengah) Alat Angkut sudah dimulai pada akhir tahun 2020. Hal ini sebagai imbas dari hasil FGD (Forum Group Discussion) yang diinisiasi oleh Menteri Perindustrian Republik Indonesia, Agus Gumiwang Kartasasmita.

Baca Juga: Ratusan Pesepeda Ikuti Tour de Borobudur 2021, Peserta: Sudah Saatnya Menjadi Event Internasional

Kini akan memasuki babak baru kemitraan tersebut akan memasuki babak baru dengan diselenggarakannya  Forum Koordinasi IKM Alat Angkut dengan Industri Besar Sepeda yang akan menyoroti komitmen PT. Terang Dunia Internusa (United Bike) untuk menambah persentase TKDN (Tingkat Komponen Dalam Negeri) dalam produk yang dihasilkan dari IKM.

Melalui kegiatan yang diadakan di Gedung United Bike, Alam Sutera Kota Tangerang Selatan pada Kamis 18 November 2021 juga dilakukan penandatanganan MOU antara PT. Terang Dunia Internusa (United Bike) dengan 4 (empat) IKM yang seyogyanya akan mendukung industri besar sepeda di masa datang lewat produk-produk yang dihasilkan.

Adapun MoU dengan 4 IKM  aitu PT. Eran Teknikatama, PT. Rachmat  Perdana  Adhimetal, PT. Kreasiniaga dan PT. Servatek. Kerjasama ini merupakan multiplikasi dari kerjasama yang telah terbina.

Dini Hanggandari, Direktur Industri Kecil dan Menengah Logam, Mesin, Elektronika, dan Alat Angkut Kementerian Perindustrian mengatakan forum koordinasi ini bertujuan untuk mengetahui kebutuhan industri besar sepeda dan peta kemampuan IKM dalam dukung industri ini.

"United Bike telah membuka diri kepada IKM tentang kebutuhan dalam industri sepeda besar. Karena dalam satu sepeda kan banyak kompoten dan aksesoris sehingga hal ini bisa kerjasama atau link and match antara Industri besar dan IKM," ungkapnya.

Sementara Henry Mulyadi, Direktur PT. Terang Dunia Internusa (United Bike) menjelaskan produk dari IKM ini akan digunakan untuk perakitan semua produk sepeda dari United Bike dan juga akan di ekspor. "Maka dari itu tadi kita juga bicarakan untuk IKM agar membuat sample dan ketika pameran ke Eropa dan luar negeri bisa diikutsertakan," paparnya.

Lanjutnya bahwa kita mau agar kerajinan dalam negeri bisa ditampilkan sebagai aksesoris di sepeda agar kita semua terus semangat. "Seperti keranjang atau basket di sepeda yang kini masih mendominasi terbuat dari bahan besi. Oleh karena itu lewat IKM ini bisa kita buat dengan rotan dan bambu," kata Henry.

Sementara Dini Hanggandari, Direktur Industri Kecil dan Menengah Logam, Mesin, Elektronika, dan Alat Angkut Kementerian Perindustrian mengatakan forum koordinasi ini bertujuan untuk mengetahui kebutuhan industri besar sepeda dan peta kemampuan IKM dalam dukung industri ini.

Selanjutnya
Halaman

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini