Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Pangkas Target Pertumbuhan Pendapatan, Bos Alibaba: Persaingan Makin Ketat!

Pangkas Target Pertumbuhan Pendapatan, Bos Alibaba: Persaingan Makin Ketat! Kredit Foto: Reuters/Lai Seng Sin
Warta Ekonomi, Jakarta -

Raksasa e-commerce asal China, Alibaba Group Holding Ltd., memangkas target pertumbuhan pendapatan tahunan dengan alasan meningkatnya persaingan dan tindakan keras regulasi. Keputusan tersebut pun membuat saham Alibaba anjlok 11%. 

Pada Mei 2021 lalu, Alibaba yang didirikan oleh Jack Ma ini menargetkan pendapatan dapat tumbuh hingga 29,5%. Namun, sekarang Alibaba hanya berharap pendapatan dapat tumbuh dalam kisaran 20% hingga 23%, laju pertumbuhan terendah sejak debut di pasar saham pada tahun 2014 lalu.  Baca Juga: Nyangkut di Saham Ini? Perusahaannya Kini Terjerat PKPU dan Terancam Didepak dari Bursa!

CEO Alibaba, Daniel Zhang, mengatakan bahwa permintaan untuk pakaian jadi dan barang dagangan umum telah terdampak signifikan oleh sikap konsumen yang lebih berhati-hati dalam berbelanja di tengah pandemi Covid-19. Ditambah lagi, adanya gangguan pasokan yang turut berkontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi China yang lebih lambat dari kuartal sebelumnya. Baca Juga: IHSG Rekor All Time High! Ditutup Apresiasi 1,26% pada Jumat Sore

"Hambatan ekonomi ini, ditambah dengan persaingan pasar yang makin ketat juga memengaruhi bisnis perdagangan inti kami di China," tegas Daniel Zhang, dilansir dari Reuters, 19 November 2021.

Para analis menilai, meski Alibaba telah terpukul oleh pertumbuhan permintaan fashion dan aksesoris yang lebih lambat dari perkiraan, para pesaingnya telah melakukan jauh lebih baik dalam penjualan pakaian jadi. Pada saat yang sama, perusahaan e-commerce besar di China harus bersaing dengan ekspansi ke  e-commerce dari aplikasi video pendek seperti Kuaishou dan Douyin ByteDance dan yang sekarang diuntungkan dari upaya regulasi yang belum pernah terjadi sebelumnya untuk memastikan ada lebih banyak persaingan di pasar.

"Kami melihat persaingan yang semakin intensif semakin memakan pangsa pasar Alibaba dan memperlebar perbedaan pertumbuhan pendapatan Alibaba vs rekan-rekan," kata analis Daiwa Capital Markets dalam sebuah catatan penelitian.

Untuk kuartal yang berakhir 30 September, Alibaba memperoleh 11,20 yuan per saham berdasarkan penyesuaian, meleset dari perkiraan rata-rata 12,36 yuan. Pendapatan naik 29%, kenaikan terkecil dalam enam kuartal, menjadi 200,7 miliar yuan (US$31,4 miliar), tepat di bawah perkiraan konsensus Refintiv.

Alibaba mengatakan telah mencatat pertumbuhan satu digit untuk nilai barang fisik bruto, metrik ritel online utama untuk nilai total barang dagangan yang dijual melalui pasar, meskipun tidak memberikan rincian lebih lanjut atau perbandingan dengan kuartal sebelumnya.

Termasuk kerugian hari Kamis, saham Alibaba telah kehilangan 38% besar sepanjang tahun ini, menilai perusahaan sekitar $390 miliar. Sahamnya di Hong Kong turun 10,6% pada hari Jumat. Afiliasi fintech Alibaba, Ant Group, mencatat laba kuartalan sekitar 19,7 miliar yuan untuk kuartal yang berakhir Juni, naik 39%. Alibaba mencatatkan keuntungan dari Ant yang menunggak seperempat.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Lestari Ningsih
Editor: Lestari Ningsih

Bagikan Artikel: