PPNI Sebut Antusiasme Masyarakat Jalani Vaksinasi Kian Meningkat

PPNI Sebut Antusiasme Masyarakat Jalani Vaksinasi Kian Meningkat Kredit Foto: Antara/Irwansyah Putra

Ketua Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) Harif Fadhillah menyebut adanya peningkatan antusiasme masyarakat dalam menjalankan program vaksinasi Covid-19.

"Akhir-akhir ini antusiasme masyarakat tentang keikutsertaan dalam program vaksinasi ada peningkatan dibanding saat awal-awal," kata Harif dalam dialog virtual KPCPEN, Rabu (24/11/2021).

Baca Juga: Bukan Hoaks, Ini yang Sebenarnya jadi Kendala Vaksinasi Covid-19 di Daerah Pedalaman

Hal ini, lanjutnya, dapat meringkankan pekerjaan para tenaga kesehatan yang tetap melakukan pelayanan kesehatan tetapi juga bertugas sebagai vaksinator.

Kendati demikian, ia menilai sosialisasi dan edukasi mengenai program vaksinasi Covid-19 kepada masyarakat perlu dilakukan hingga ke tingkat pemahaman. Upaya ini bertujuan agar dapat terus meningkatkan jumlah masyarakat yang melakukan vaksinasi.

Belum lagi, masih banyak masyarakat yang enggan melakukan vaksinasi lantaran kurangnya pemahaman mengenai pentingnya vaksin Covid-19.

Oleh karena itu, ia mendorong agar para nakes berkreasi dalam memberikan edukasi mengenai vaksinasi Covid-19 kepada masyarakat. Hal tersebut bisa dilakukan dengan melakukan simulasi vaksinasi dengan barang-barang sederhana agar mudah dipahami atau mempelajari bahasa dan kebiasaan warga sekitar.

"Upaya ini untuk meningkatkan pemahaman motivasi pelaksanaan vaksinasi. Nakes punya kreativitas dari media-media sederhana agar dipahami masyarakat," tuturnya.

Investasi terbaik ialah investasi leher ke atas. Yuk, tingkatkan kemampuan dan keterampilan diri Anda dengan mengikuti kelas-kelas di WE Academy. Daftar di sini.

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini